Anggur Mengelola Gula Darah

Anggur ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya, berperan mengontrol gula darah. Menurut studi yang digarap Prof Janne Tolstrup, dari Public Health Institute, Unievrsity od South Denmark, Denmark, minum cukup tiga sampai empat kali seminggu mengurangi risiko diabetes wanita sebesar 32% sementara menurunkan pria sebesar 27%, dibandingkan dengan orang yang minum kurang dari satu hari dalam seminggu.

Seperti dilansir oleh situs bbc.com (28/7/2017), peneliti menyurvei lebih dari 70.000 orang yang mengonsumsi anggur. Disitu ditanyakan juga seberapa sering mereka menenggak minuman beralkohol tadi.

Setelah sekitar lima tahun, peserta studi ditindaklanjuti dan total 859 pria dan 887 kelompok wanita telah mengembangkan diabetes – baik tipe 1 atau tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes karena kerusakan panrkeas yang tak lagi bisa memproduksi hormon insulin, sedangkan diabetes tipe 2, dikarenakan produksi insulin tak cukup untuk mengimbangi jumlah gula darah yang beredar dalam tubuh.

Hasilnya, Tolstrup menemukan bahwa frekuensi minum memiliki efek independen dari jumlah alkohol yang dikonsumsi. “Kita bisa melihat efek yang lebih baik untuk minum alkohol dalam empat porsi, bukan sekaligus,” ujar Tolstrup.

Anggur tampaknya sangat bermanfaat karena kandungan polifenol, terutama anggur merah yang berperan dalam membantu mengelola gula darah.Ketika minum bir, pria yang memiliki satu sampai enam bir seminggu akan menurunkan risiko diabetes mereka sebesar 21%, dibandingkan dengan pria yang minum kurang dari satu gelas bir seminggu – namun tidak ada dampaknya pada risiko wanita.

Sementara itu, asupan alkohol yang tinggi di kalangan wanita tampaknya secara signifikan meningkatkan risiko diabetes – namun tidak ada efek pada pria. Tidak seperti penelitian lain, riset ini tidak menemukan kaitan antara pesta minum dan diabetes.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *