Akupunktur Bisa Atasi Kecanduan Alkohol
Tips

Akupunktur Bisa Atasi Kecanduan Alkohol

Seperti perokok berat, pecandu alkohol juga harus bersakit-sakit untuk melepaskan diri dari ketergantungan. Mereka yang mendapat terapi selam aini, cenderung akan kembali mengonsumsi alkohol.

Namun kini ada alternatif baru, yaitu akupunktur dan elektroakupunktur (EA, yang menggabungkan akupunktur dengan stimulasi listrik). Jong Li dalam studinya yang dikutip situs sciencedaily.com(3/3/2017), ia menggunakan tikus jantan sebagai percobaan.

Tikus itu dilatih minum alkohol selama 2 bulan. Kemudian binatang mengerat tadi dihentikan asupannya, sehingga menimbulkan gejala penarikan yang disebut juga hiperalgesia.

Kemudian tikus tadi diberi terapi elektroakupunktur pada kaki belakang masing-masing. Sebagian tidak diberi terapi tersebut. Selama terapi diamati penarikan kecanduaannya.

Studi ini menunjukkan bahwa EA dapat mengurangi hiperalgesia selama penarikan alkohol, dan efeknya mungkin melibatkan Mors di habenula tersebut. Meskipun diperoleh pada hewan pengerat, temuan ini menunjukkan bahwa EA adalah terapi yang potensial untuk hiperalgesia pada manusia.

Jika terbukti efektif pada manusia, penggunaan EA untuk mengurangi gejala rasa sakit yang terkait dengan penarikan alkohol berpotensi mengurangi kemungkinan kambuh minum pada individu-individu. Hasil studinya dipublikasikan dalam Alcoholism: Clinical and Experimental Research.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *