Agar Bisa Trampil, Anak Perlu Nutrisi Tepat
Berita

Agar Bisa Trampil, Anak Perlu Nutrisi Tepat

Ketrampilan social penting bagi anak. Untuk bisa melakukan hal itu harus didukung oleh nutrisi yang tepat dan lengkap. Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, M.Psi, Psi mengatakan, status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional anak dalam masa tumbuh kembang.

Menurutnya, menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik, karena akan membuat perkembangan psikologinya baik pula. Dengan tubuh yang sehat karena kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anak yang lebih tahan menghadapi stres, dan lebih mampu meregulasi emosinya. “Anak juga lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang lebih mudah bergaul di kemudian hari,” ujarnya dalam Kampanye SGM Eksplor berdasarkan rilis yang diterima (5/3/2017).

Lebih lanjut dokter spesialis gizi klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, menyampaikan, nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak sejak kecil hingga dewasa.

Untuk itu, penting bagi para orang tua untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal sesuai dengan perkembangan usianya. “Anak yang terlengkapi nutrisinya akan menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik dan berpotensi untuk memiliki keterampilan sosial lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi,” katanya.

Terkait arena permainan yang tersedia di acara ini, Dian Permatasari, M.Gizi, menjelaskan, permainan dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang pentingnya pemenuhan nutrisi yang optimal untuk menjaga kesehatan, misalnya anak-anak diajak untuk tidak takut dengan perbedaan cuaca. “Dengan nutrisi yang optimal, anak-anak akan punya daya tahan yang baik dalam menghadapi pergantian cuaca,” imbuhnya.

Pada acara tersebut, juga menampilkan Zee Zee Shahab, seorang selebriti dengan satu orang anak. Ia mengatakan, selaku Ibu dari seorang anak yang sedang aktif mengeksplor lingkungan sekitarnya, saya selalu memperhatikan asupan nutrisi anak saya, melalui makan yang bergizi seimbang, dilengkapi minum air putih dan aktivitas fisik yang cukup. “Jika anak saya sehat, ia bisa bebas belajar dan mengeksplor hal baru di lingkungan sekitarnya baik dengan teman sebayanya ataupun yang lebih tua,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *