Read Time:54 Second

WARTABUGAR – GERD merupakan salah satu penyakit pencernaan yang banyak diderita banyak orang, termasuk kalangan muda dan milenial. Penyakit ini ditandai naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan pasien merasa sesak napas.

Untuk mengatasinya, banyak orang minum obat maag dan GERD seperti omeprazole atau esomeprazole. Tujuannya, menghambat keluarnya asam lambung berlebih. Sebagian dari mereka membeli obat itu langsung tanpa konsultasi ke dokter lebih dahulu.

Tapi hati-hati, keseringan minum obat tersebut bisa berdampak ke kepala menurut riset terbaru yang dipublikasikan Medical News Today terbaru menunjukkan bahwa obat tersebut bisa meningkatkan risiko sakit kepala hebat dan migrain.

“Mengingat meluasnya penggunaan obat pengurang asam dan potensi implikasinya terhadap migrain, hasil ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Profesor Margaret Slavin, PhD, penulis studi di Universitas Maryland di College Park, Amerika Serikat, dalam sebuah pernyataan.

“Obat-obatan ini sering dianggap diresepkan secara berlebihan dan penelitian baru menunjukkan risiko lain yang terkait dengan penggunaan penghambat pompa proton dalam jangka panjang, seperti peningkatan risiko demensia,” tambahnya.

Menurutnya, penelitian mereka memang tidak membuktikan migrain disebabkan oleh obat pereduksi asam. Hanya saja mungkin ada asosiasinya.

Aries Kelana

Sumber: Medical News Today

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Perusahaan Siber Ini Buka Scrubbing Center di Jakarta, Untuk Apa?
Next post Kenapa Mayapada Hospital Meraih Penghargaan Healthcare Asia Awards? Ini Penjelasannya