16 July 2024

Rutin Minum Madu Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

Read Time:1 Minute, 3 Second

WARTABUGAR – Madu sudah dikenal memiliki manfaat kesehatan. Namun sejauh ini yang dikenal adalah madu yang berasal dari lebah atau tawon. Padahal ada madu yang berasal dari bunga yang memiliki khasiat yang sama.

Nah menurut sebuah studi baru dari para peneliti di University of Toronto, Kanada, mengonsumsi madu mentah dari satu sumber bunga mungkin memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan kardiometabolik.

Dalam tinjauan sistematis dan meta-analisis uji klinis, para peneliti menemukan bahwa konsumsi madu dikaitkan dengan penurunan glukosa darah puasa, kolesterol total dan LDL (‘jahat’), trigliserida, dan penanda penyakit hati berlemak.

Selain itu, konsumsi madu dikaitkan dengan kadar kolesterol HDL (‘baik’) yang lebih tinggi dan beberapa penanda peradangan.

“Hasil ini mengejutkan karena madu mengandung sekitar 80 persen gula,” kata Tauseef Khan, seorang peneliti senior dalam studi tersebut dan  peneliti dalam ilmu gizi di Fakultas Kedokteran Temerty Universitas Toronto.

“Tetapi madu juga merupakan komposisi kompleks dari gula umum dan langka, protein, asam organik, dan senyawa bioaktif lainnya yang kemungkinan besar memiliki manfaat kesehatan,” kata Khan dalam Scitech Daily (3/1/2023).

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan kesehatan kardiometabolik, terutama penelitian in vitro dan hewan. Studi saat ini adalah tinjauan paling komprehensif hingga saat ini dari uji klinis, dan mencakup data paling rinci tentang pemrosesan dan sumber bunga.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post realme Luncurkan Produk Baru Smartphone
Next post Ini 6 Merk Obat Yang Dicabut Ijin Edarnya