12 July 2024

Sabar, Sebentar Lagi Ada Obat Baru Kanker Minim Efek Samping

Read Time:1 Minute, 0 Second

WARTABUGAR – Harapan baru bagi penderita kanker. Tak lama lagi ada obat kanker yang minim efek samping – tidak seperti obat kanker pada umumnya.

Uji klinis fase I PAC-1, obat yang memacu kematian sel terprogram dalam sel kanker, hanya menemukan efek samping kecil pada pasien dengan kanker stadium akhir.

Menurut  laporan studi para ilmuwan dan dokter di British Journal of Cancer – dikutip Science Daily belum lama ini, obat tersebut menghentikan pertumbuhan tumor pada lima orang dalam uji coba dengan kanker neuroendokrin dan mengurangi ukuran tumor pada dua pasien tersebut.

Uji klinis – dan pengujian lain PAC-1 terhadap kanker otak – melibatkan pasien dan dokter di tiga institusi: Rumah Sakit Daerah, Universitas Illinois Chicago dan Universitas Johns Hopkins – semuanya di Amerika Serikat.

Uji klinis fase I melacak efek samping pada pasien yang pertama kali diberikan dosis yang sangat rendah dari senyawa yang sedang diuji.

Jika obat dapat ditoleransi dengan baik dan tidak menyebabkan toksisitas yang terlihat selama sebulan, dosisnya ditingkatkan secara bertahap.

“Proses ini dapat memakan waktu beberapa bulan sebelum dosis terapeutik yang berpotensi diberikan,” kata Dr. Oana Danciu, seorang ahli onkologi medis dan direktur asosiasi untuk penelitian klinis di University of Illinois Cancer Center di Chicago, yang memimpin uji klinis tersebut.

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kabar Bagus, Pengapuran Sendi Sudah Ada Obatnya
Kanker payduara bisa jadi ganas karena hormon stres Next post Ini Obat Baru Kanker Payudara