16 July 2024

Pasien Kanker Darah Jangan Putus Asa, Kini Ada Obatnya

Read Time:1 Minute, 9 Second

WARTABUGAR – Multiple myeloma adalah kanker sel plasma. Sel-sel ini dibuat di sumsum tulang, merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Penyakit yang menyerang sekitar satu dari 132 orang di Amerika Serikat, jarang didiagnosis pada orang di bawah usia 65 tahun.

Sel plasma yang sehat menghasilkan antibodi untuk membantu orang melawan penyakit.

Sedangkan sel plasma kanker membuat antibodi abnormal yang disebut M-protein yang tidak melindungi tubuh dari infeksi.

Sejauh ini belum banyak obat yang bisa menyembuhkan pasien kanker plasma. Namun sebentar lagi ada harapan bisa diobati. Yaitu dengan obat talquetamab.

Uji klinik tahap pertama menunjukkan bahwa talquetamab  menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan pada orang dengan myeloma refraktori.

Setelah pengobatan dengan obat imunoterapi dalam uji coba Mount Sinai Health System, Amerika Serikat, hampir tiga perempat peserta menunjukkan peningkatan, dengan 30% memiliki respons lengkap terhadap obat tersebut.

Talquetamab adalah obat antibodi bispesifik, sejenis antibodi monoklonal yang mengarahkan sel T untuk bertindak melawan sel myeloma.

Dr. Ajai Chari, direktur penelitian klinis di Program Multiple Myeloma di The Tisch Cancer Institute dan penulis utama kedua studi tersebut, menjelaskan pada dasarnya satu sisi obat itu mengikat sel kekebalan yang dikenal sebagai sel T, dan sisi lainnya mengikat sel kanker myeloma, dan ketika sel T itu dibawa ke dekat kanker.

“Mereka (talquetamab) melepaskan bahan kimia yang membuat lubang di membran sel kanker dan sel kanker mati,” katanya dalam Medical News Today belum lama ini.

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Buname Kembali Beri Bantuan Korban Gempa Cianjur
Next post Kombinasi Obat Efektif Basmi Kanker Kulit Stadium Lanjut