16 July 2024

Baru, Vitamin Mencegah Penyakit Dinapenia, Apa Itu?

Read Time:59 Second

WARTABUGAR – Jangan sepelekan vitamin D. Vitamin D memainkan peran penting dalam pengaturan penyerapan kalsium dan fosfor oleh organisme. Ini juga membantu menjaga otak dan sistem kekebalan tubuh bekerja.

Yang terbaru, Para peneliti di Federal University of São Carlos (UFSCar) di Brazil dan University College London (UCL) di Inggris kini telah menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D mengurangi risiko dinapenia pada orang tua sebesar 78%.

Dinapenia adalah hilangnya kekuatan otot terkait usia. Ini sebagian dapat dijelaskan oleh atrofi otot dan merupakan faktor risiko utama ketidakmampuan fisik di kemudian hari.

Penderita dinapenia lebih cenderung jatuh, perlu pergi ke rumah sakit, dirawat sebelum waktunya, dan meninggal.

Vitamin D diketahui berpartisipasi dalam berbagai fungsi organisme. Sebenarnya, itu adalah hormon dan banyak perannya termasuk membantu memperbaiki otot dan melepaskan kalsium untuk kinetika kontraksi otot.

“Oleh karena itu diharapkan dapat menyebabkan semacam perubahan otot. Itulah yang dibuktikan oleh penelitian kami,” kata Profesor Tiago da Silva Alexandre, penulis terakhir artikel tersebut.

Tulang dan jaringan otot saling berhubungan tidak hanya secara mekanis dan fisik, tetapi juga secara biokimia.

“Gangguan endokrin seperti kekurangan atau ketidakcukupan vitamin D dapat menyebabkan hilangnya kepadatan mineral tulang serta berkurangnya massa, kekuatan, dan fungsi otot,” katanya dalam Medical Xpress (14/12/2022).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post SAP Galakkan Literasi Digital Buat UMKM
Next post PPATK Raih Penghargaan KIP Tahun Ini