16 July 2024

DBS Gelar Lagi Gerakan #MakanTanpaSisa Di Perumahan Vida Bekasi Selatan

Read Time:1 Minute, 39 Second

WARTABUGAR – PT Bank DBS Indonesia (DBS) kembali menyelenggarakan gerakan #MakanTanpaSisa. Berkolaborasi dengan PT Waste4Change Alam Indonesia (Waste4Change), program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi dan mengelola sampah makanan dengan lebih bijak.

Sebagai penanda dimulainya program ini,  Festival #MakanTanpaSisa bertajuk “Kurangi & Kelola Sampah Makanan untuk Jaga Masa Depan” digelar di Perumahan Vida Bekasi,  (25/9/2022).

Festival ini dihadiri  Munandar Hanafiah,  AVP Group Strategic Marketing and Communication Bank DBS Indonesia dan Adhitya Prayoga selaku Head of Strategic Services Waste4Change.

Acara ini digelar karena berdasarkan  laporan kajian Food Loss and Waste (FLW) di Indonesia oleh BAPPENAS RI dan Waste4Change tahun 2021, pada rentang 2000-2019, FLW atau sampah makanan di Indonesia mendominasi sekitar 44% sampah nasional yaitu setara 23-48 juta ton sampah per tahun.

Sementara itu, berdasarkan data bulan Juli 2022, total 2.000 kepala keluarga yang menghuni perumahan Vida Bekasi telah menghasilkan sekitar 47,5 ton timbulan sampah organik.

Jika tidak dikelola dengan optimal, timbulan sampah ini dapat menimbulkan efek negatif bagi lingkungan.

Maka dari itu, diperlukan tindakan kolaboratif dari berbagai pihak untuk mewujudkan pengelolaan sampah makanan yang bertanggung jawab.

Karena itu Bank DBS Indonesia menjalankan bisnis lebih dari sekadar mencari keuntungan, namun juga menciptakan dampak positif sejalan dengan salah satu pilar sustainability Bank DBS Indonesia, yakni Impact Beyond Banking.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, gerakan #MakanTanpaSisa hadir sejak tahun 2020 sebagai bagian dari kampanye Towards Zero Food Waste.

Tahun ini, Bank DBS Indonesia menargetkan penyelamatan sampah makanan sebesar 26 ton melalui berbagai kegiatan, termasuk kerja sama dengan Waste4Change sebagai salah satu wirausaha sosial yang dibina oleh DBS Foundation.

“Bank DBS Indonesia berharap kolaborasi dengan Waste4Change dan Vida Bekasi dapat berdampak positif dan signifikan bagi perubahan perilaku warga Vida untuk konsisten mengompos sebagian sampah organik yang mereka hasilkan,” kata Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia.

Ini sejalan dengan semangat DBS untuk mengedukasi masyarakat untuk mengompos sisa makanan sehingga tidak berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA) agar dapat mewujudkan zero to landfill.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post UOB-Sompo Insurance Luncurkan SME Digital Insurance, Asuransi Khus UMKM
Next post Jangan Main-main, PPATK Pantau Aktivitas Dana Judi Online