Read Time:1 Minute, 54 Second

WARTABUGAR – Wings Group Indonesia, melalui Yayasan Wings Peduli, menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Surabaya mengadakan kegiatan bertajuk “Aksi Bersih Sungai Surabaya”.

Usaha pelestarian lingkungan ini meliputi kegiatan bersih-bersih sampah di tiga titik saluran primer di Kota Surabaya, yaitu saluran Asemrowo sepanjang 828 meter dengan lebar 33 meter, saluran Tambak Wedi sepanjang 6.178 meter dengan lebar 27 meter, serta saluran di kawasan Bukit Barisan.

Tak hanya itu, Yayasan Wings Peduli turut memasang fasilitas kebersihan berupa trash boom guna membantu proses pembersihan lingkungan secara berkelanjutan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengapresiasi sekaligus menyampaikan informasi seputar kegiatan “Aksi Bersih Sungai Surabaya” tersebut saat dijumpai di lokasi pembersihan.

Menurutnya, proses pembersihan secara keseluruhan akan memakan waktu kurang lebih empat bulan, yang dibarengi dengan kegiatan gotong-royong untuk Asemrowo dan Tambak Wedi. Aksi gotong royong ini pun merupakan gabungan dari satuan pemerintah, kader lingkungan, LSM dan masyarakat.

Pihak Pemkot mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Wings Peduli atas bantuannya dalam aksi penanganan sampah yang ada di beberapa saluran sungai Surabaya.

Dalam kegiatan kali ini, Yayasan Wings Peduli juga turut berpartisipasi dalam menyewakan kapal ponton berukuran 200 feet yang akan kami gunakan selama empat bulan untuk membersihkan sistem drainase yang ada di Asemrowo dan Kali Tebu yang berfungsi mengangkut eskavator dan menormalisasi sungai.

Dalam kegiatan Aksi Bersih Sungai Surabaya, WINGS turut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Kami turut mengapresiasi usaha pemerintah untuk membuat kota Surabaya ini menjadi kota yang nyaman ditinggali dan bersih. Kami juga dengan senang hati berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam hal lingkungan,” kata Hebi dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAR (25/3/2022).

Pertama pihaknya melihat bahwa pembersihan sungai di Asemrowo & Tambak Wedi memang mutlak diperlukan karena melihat sampah yang terkumpul banyak dari sampah rumah tangga, kain, dan popok; yang kedua, tidak hanya dalam pembersihan saja namun bagaimana pencegahan yang dilakukan.

Selain melakukan kegiatan aksi bersih sungai ini, Wings Peduli juga menyerahkan trash boom kepada Pemkot Surabaya dan memasangnya di sungai untuk membantu DLH dalam pembersihan sungai rutin.

“Trash boom yang akan dipasang di 5 titik di antaranya di Asemrowo, Pegirian, Mrutu, Kali Tebu dan Pogot sehingga pengumpulan dan pembersihan sampah dapat dilakukan secara efektif,” ujar Oucky Hertanto, Perwakilan Yayasan Wings.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
Pin Share
Rutin Konsumsi Yogurt Cegah Keropos Tulang Previous post Bagi Penggemar Camilan, Ini Makanan Sehat Yang Kamu Lalap
Radang gusi pada anak berisiko terkena penyakti jantung jika dewasa Next post Masyarakat Masih Abai Kesehatan Mulut dan Gigi
RSS
Follow by Email