Read Time:2 Minute, 43 Second

WARTABUGAR – Terinspirasi dari upaya pemerintah untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060, KADIN mencanangkan gerakan subnasional melalui platform bernama KADIN Net Zero Hub.

Secara umum, pembicaraan terkait net zero ini sudah terjadi di kalangan masyarakat. “Kami ingin mengubahnya menjadi aksi nyata melalui kerja sama dengan berbagai perusahaan swasta,” kata Ketua Komite Tetap Energi Baru & Terbarukan KADIN Muhammad Yusrizki.

“Kami juga berkolaborasi dengan beberapa organisasi yang telah memenuhi standar internasional untuk membuat panduan, modul, serta program untuk meningkatkan pemahaman perusahaan swasta,” ujar Muhammad Yusrizki dalam konferensi yang digelar DBS.

Upaya ini penting untuk membangun ekosistem emisi nol bersih Indonesia dan membantu upaya pemerintah dalam mencapai target emisi nol bersih.

Executive Director of Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture PISAgro Insan Syafaat menyatakan bahwa saat ini PISAgro juga tengah merangkul para kelompok petani di seluruh Indonesia terutama di kota kecil agar mereka bisa mendapatkan edukasi serta pelatihan. Ini merupakan upaya memodernisasi etika kerja dan pola pikir petani sehingga memiliki daya saing yang tinggi.

PISAgro sebagai wadah pertemuan berbagai pemangku kepentingan di bidang pertanian telah berkomitmen untuk meningkatkan perwujudan sektor pertanian yang berkelanjutan di Indonesia melalui model kemitraan antara sektor publik dan swasta.

“Sejak tahun 2011, PISAgro memiliki komitmen terhadap food security yang memiliki aspek keberlanjutan serta perlindungan terhadap iklim,” tutur Insan dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAR (22/3/2022).

Komitmen ini diaplikasikan melalui ekosistem yang disebut Inklusif Closed-Loop atau model kemitraan yang tertutup di mana para anggota PISAgro diupayakan untuk dapat bekerja sama dalam membantu memberikan edukasi dan pelatihan secara komprehensif terhadap kelompok tani.

Pelatihan tersebut juga berguna sebagai bekal untuk mengintegrasikan petani-petani ke dalam rantai suplai industri pertanian yang lebih profesional.

“Kami melakukannya melalui beberapa kelompok kerja agar kami dapat memastikan model kemitraan Inklusif Closed-Loop ini dapat diimplementasikan dengan baik. Sejauh ini sudah ada sebelas kelompok kerja yang langsung berhubungan dengan komunitas,” ungkap Insan Syafaat.

Dengan berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan emisi nol bersih, waktu yang tersisa untuk mengejar target pengurangan emisi dan menjaga kenaikan suhu di bawah 1,5°C sudah tidak banyak lagi.

Mengutip laporan dari DBS, Asian Insight SparX – Environmental, Social and Governance: Turning Carbon Into Gold, emisi gas rumah kaca di negara-negara berkembang, khususnya Asia Pasifik, malah cenderung naik. Penyumbang utama emisi adalah pembangkit listrik batu bara.

Sementara itu, Head of corporate strategy PT TBS Energi Utama Tbk Nafi Achmad Sentausa menyampaikan PT TBS Energy utama tengah melakukan perubahan fokus bisnisnya dari batu bara menjadi energi baru terbarukan,.

TBS  berupaya mengubah bahan bakar berbasis fosil (fossil fuel based), menjadi tenaga terbarukan yang bisa memangkas karbon. Dari sisi teknologi, energi menjadi sektor yang belum banyak disrupsi.

“Hal ini tentunya menginspirasi PT TBS Energi Utama untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target emisi nol bersih 2060,” ucap Nafi.

“Kami sedang mempersiapkan aliran pemasukan baru untuk menggantikan tambang batu bara yang kami miliki sekarang,” kata Nafi.

Tentunya dengan komitmen emisi nol bersih Indonesia saat ini, pihaknya berkomitmen pada tahun 2030, TBS akan beralih menjadi perusahaan carbon-neutral. Kami sudah menargetkan sekitar 80% dari revenue perusahaan pada tahun 2025 akan dikontribusikan dari green business.

“Dengan adanya kenaikan harga komoditas batu bara yang terjadi saat ini, rencananya akan kami manfaatkan (leverage) dan gunakan untuk didaur ulang dan diinvestasikan untuk bisnis terbaru TBS,” tambah Nafi Achmad Sentausa

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
Pin Share
Ini Alasannya Mengapa Kita Minum Kopi dan Teh Previous post Amanda Rawles Tampil Dalam Menu Baru Fore Coffee
Next post Sambut COVID-19 Jadi Endemi, BPJS Kesehatan Ubah Strategi Pelayanan
RSS
Follow by Email