Read Time:1 Minute, 51 Second

WARTABUGAR – Penderita hipertensi atau darah tinggi tidak cukup hanya meminum obat secara rutin. Berdasarkan publikasi dari Harvard Health Inggris, para ahli pun menyarankan diet DASH untuk mengelola tekanan darah tinggi.

Diet DASH yang merupakan kepanjangan dari Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi, dilakukan untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal. Para ahli merekomendasikan diet DASH yang terdiri dari beberapa rangkaian, seperti diet rendah natrium, diet lemak jenuh, dan juga diet gula.

“Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah pembunuh diam-diam – penyumbang utama risiko penyakit jantung kronis – yang berkembang di dalam tubuh tanpa gejala yang menonjol,” demikian pernyataan para ahli Harvard Health yang dilansir dari laman Times Now News, (18/12/2021).

Protein seperti telur, daging ayam, ikan, serta daging rendah lemak lainnya harus tetap dikonsumsi secara rutin. Ditakar dengan meletakkannya di piring, dan tidak boleh mendominasi sepertiga bagian piring.

Seperti apa tingkatan dalam hipertensi? Ada beberapa tingkatan, yaitu:

  1. Tekanan darah normal: 120/80 mm Hg
  2. Peningkatan tekanan darah: 120/129 mm Hg
  3. Hipertensi stadium 1: 130/139 mm Hg
  4. Hipertensi stadium 2: 140/90 mm Hg
  5. Krisis hipertensi atau hipertensi berat: 180/120 mm Hg dan seterusnya

Lebih lanjut, para ahli merekomendasikan diet DASH bagi penderita hipertensi agar tekanan darah yang tinggi dapat dikelola dengan baik. Diet DASH berfokus pada makanan seperti buah-buahan dan sayuran segar, protein tanpa lemak, kacang-kacangan serta membatasi konsumsi gula.

Berdasarkan hasil uji coba diet DASH yang diterbitkan New England Journal of Medicine tahun 1997, diet ini terbukti efektif bagi penderita hipertensi. Lalu, bagaimana caranya?

Pertama, mulailah hari dengan sarapan buah dan sayuran sebagai makanan pertama yang dikonsumsi di pagi hari. Masaklah sayur dengan telur, atau buat jus buah tanpa menggunakan gula.

Selanjutnya, untuk makan siang, pilihlah makanan tinggi protein namun rendah lemak seperti ikan tuna, ayam, kacang-kacangan, tahu, dan biji-bijian. Jangan lupa konsumsi sayuran segar seperti salad atau lalapan.

Kemudian, untuk konsumsi lemak sehat, penderita hipertensi bisa mendapatkannya dari buah seperti alpukat, aneka biji-bijian, dan minyak zaitun. Sedangkan untuk konsumsi daging, direkomendasikan daging ayam rendah lemak, telur, dan ikan.

Kuncinya ada pada nutrisi seimbang dan membatasi garam serta gula yang digunakan dalam proses memasak. Diet DASH cukup mudah untuk dilakukan dan sudah terbukti dapat membantu mengelola tekanan darah penderita hipertensi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
Pin Share
Sumbangan lampu sorot panel surya dari in lite LED Previous post in Lite LED dan KOPHI Donasikan Lampu Sorot Kepada Korban Bencana Lestusan Semeru
Next post Ibu Harus mampu Memberikan Pengasuhan Anak Dengan Baik
RSS
Follow by Email