Read Time:2 Minute, 8 Second

WARTABUGAR – Untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar makin nggak gaptek, Bukalapak menggandeng Microsoft platfrom pelatihan e-learning. Kedua perusahaan ini meluncurkan Akademi Jagoan by Bukalapak.

Melalui platform ini, Bukalapak dan Microsoft menyediakan berbagai materi pembelajaran. Mulai dari kemampuan dasar terkait penggunaan komputer, membuat konten digital, hingga tips dan trik mengelola warung serta lapak online agar makin optimal.

Semua materi ini dapat diakses secara gratis oleh lebih dari 17 juta Pelapak dan Mitra Bukalapak, serta semua pelaku usaha di seluruh Indonesia. Dengan mempelajari materi-materi ini, para pelaku UMKM diharapkan dapat memiliki pemahaman literasi digital yang lebih baik serta keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya.

Setiap menyelesaikan suatu materi, mereka juga akan memperoleh sertifikat elektronik dari Bukalapak dan Microsoft.

Bukalapak-Microsoft menyasar UMKM lantaran, menurut data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 64 juta UMKM yang menyerap kurang lebih 97% tenaga kerja serta berkontribusi lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Angka ini, menurut Presiden Komisaris Bukalapak Bambang S Brodjonegoro, menunjukkan potensi yang sangat besar dari UMKM, oleh karena itu kita harus bergotong royong membantu memberdayakan UMKM di tanah air sehingga bisnis mereka dapat terus bertumbuh dan pada akhirnya dapat terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Di sisi lain, saat ini masih banyak pelaku usaha yang memiliki literasi digital yang rendah.

Dengan hadirnya platform Akademi Jagoan by Bukalapak, semoga makin banyak pelaku UMKM yang dapat meningkatkan kemampuan digital serta pengembangan bisnisnya”, ujar Bambang Brodjonegoro dalam rilisnya yang diterima Bukalapak.

Sementara itu, CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin mengungkapkan bahwa saat ini, peran internet dan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari kian besar. Kemampuan digital dalam kehidupan sehari-hari akan sama pentingnya dengan kemampuan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung.

Platform ini hadir untuk memberikan kesempatan pada semua pelaku usaha dan masyarakat luas untuk mempelajari keterampilan digital, dan untuk menaik kelaskan bisnisnya, sehingga dapat menikmati kehidupan yang lebih sejahtera”, ujar Rachmat di acara peluncuran virtual Akademi Jagoan by Bukalapak (20/12/2021).

Melalui Akademi Jagoan by Bukalapak, Bukalapak dan Microsoft berharap dapat merangkul sebanyak mungkin pelaku usaha yang ingin meningkatkan kemampuan digital serta pengelolaan bisnis mereka.

Linda Dwiyanti, Chief Partnership Officer Microsoft Indonesia mengatakan, di era di mana semua serba terkoneksi secara digital dan inovasi teknologi terus bermunculan hampir setiap harinya, kebiasaan serta pola belanja konsumen pun semakin berubah. Menjadi penting bagi pemilik usaha untuk mengadopsi teknologi, agar dapat menyesuaikan diri dan terus bertumbuh sesuai kebutuhan pasar dan pelanggan.

Melalui peluncuran Akademi Jagoan by Bukalapak, kami berharap dapat terus memainkan peranan aktif dalam meningkatkan literasi digital dan memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” pungkas Linda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Bantu Merk Lokal Mendunia, Una Brands Siapkan Duit Rp500 Miliar
Warga BSD City memilih sampah Next post MUI-UNDP-Danone Gelar GerakanSedekah Sampah