Read Time:1 Minute, 23 Second

Memasuki musim penghujan, penyakit seperti virus flu yang kerap muncul bisa sangat mengganggu aktivitas. Penyakit flu musiman ini biasanya menimbulkan gejala seperti pilek, batuk, dan demam.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh sekaligus mencegah flu musiman. Petugas Medis Los Angeles Care Health Plan Amerika Serikat, Richard Seidman, memberikan tips agar tetap sehat di musim dingin atau penghujan.

Salah satunya dengan memperbaiki nutrisi sehari-hari. Beberapa bahan makanan di sekitar kita dapat meningkatkan kesehatan dengan mudah.

“Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa sehat, nutrisi dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan,” jelas Seidman dilansir dari laman New Delhi TV, (13/12/2021).

Pertama, konsumsi jeruk. Jeruk sebagai buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C dan antioksidan dapat memperkuat kekebalan dan menyehatkan tubuh dari dalam.

Kedua, teh masala atau teh rempah. Teh rempah ini biasa disebut Chai, berisi beberapa rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan sebagainya yang dapat menutrisi tubuh serta meningkatkan imun.

Ketiga, bawang putih. Selain bersifat aromatik, bawang putih juga kaya nutrisi dan sebaiknya dikonsumsi secara rutin melalui makanan yang dimakan sehari-hari. Tambahkan bawang putih pada nasi goreng, tumisan, hingga telur dadar, bisa melezatkan rasa dan menambah kekebalan tubuh.

“Bawang putih sarat dengan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dapat membantu melawan infeksi dan beberapa masalah kesehatan musiman,” imbuh Seidman.

Keempat, kunyit. Terkenal dengan bumbu dapur yang kaya akan zat kurkumin, kunyit berfungsi sebagai antibiotik alami. Kunyit mengandung antiseptik, antivirus, antioksidan, hingga anti-inflamasi yang dapat memelihara kesehatan usus serta meningkatkan imun.

Terakhir, rutin minum madu. Madu dapat membantu meredakan batuk dan pilek yang parah sekalipun. Madu akan semakin baik bekerja jika dikonsumsi bersamaan dengan jahe.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
Pin Share
Previous post Bikin Ekowisata di Nyambu, Diageo Indonesia Raih CSR Award
Next post Anak usaha Bukalapak Ajak Masyarakat Berinvestasi Di Perusahaan teknologi
RSS
Follow by Email