Read Time:1 Minute, 26 Second

WARTABUGAR – Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberi peringatan terkait obat bebas yang dapat menimbulkan risiko efek samping cukup serius. Salah satu obat bebas yang diwanti-wanti FDA yaitu dekongestan hidung.

Melansir dari situs Best Life, obat dekongestan hidung yang memiliki kandungan senyawa aktif propylhexedrine dapat menyebabkan stroke. Obat yang berupa inhaler hidung ini biasa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat akibat alergi, pilek, atau gangguan pernapasan bagian atas lainnya.

Cara kerja propylhexedrine adalah dengan menenangkan peradangan yang terjadi pada lapisan selaput lendir hidung, serta mengurangi pembengkakan. Kebanyakan orang menggunakannya sesuai dosis yang dianjurkan, tapi jika tidak, maka akan menimbulkan efek samping yang lebih serius. FDA juga menganjurkan agar masyarakat tidak menggunakannya lebih dari 3 hari.

“Dosis yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun adalah dua inhalasi di setiap lubang hidung tidak lebih sering dari setiap 2 jam,” tulis FDA dilansir dari situs Best Life, (17/11/2021).

Beberapa efek samping serius yang pernah dilaporkan, menurut FDA, antara lain terjadi kejang-kejang, serangan jantung, hipertemia, stroke, hingga hipertensi pulmonal. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan aritmia serta kerusakan jantung dan paru-paru.

Faktanya, FDA menemukan bahwa kandungan propylhexedrine terkait erat dengan ratusan kasus darurat medis. Tercatat dari tahun 2000-2019, ada 460 kasus penyalahgunaan propylhexedrine.

FDA kemudian menganjurkan produsen obat untuk mengubah label serta kemasan produk. Perawat Praktik Lanjutan yang bekerja di FDA, Lesley Navin, mengatakan bahwa perubahan label dan kemasan dapat mengurangi risiko penyalahgunaan propylhexedrine.

“Kami meminta agar semua produsen inhaler dekongestan hidung propilheksedrin OTC mempertimbangkan perubahan desain produk yang mendukung penggunaan yang aman,” pungkas Navin.

Masyarakat diminta untuk tetap bijak dalam membaca petunjuk penggunaan dan mengikuti dosis yang tertera pada kemasan. Jika terjadi efek samping, pastikan untuk mendapatkan pengobatan medis.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
Pin Share
Kenali Obat Dengan Benar Previous post Obat Pembekuan Darah Ini Diklaim Minim Efek Samping
Salah satu ruang kantor AIA Next post Kangen Sama David Beckham? Yuk Nonton di AIA Live Indonesia
RSS
Follow by Email