Read Time:1 Minute, 43 Second

WARTABUGAR – Para peneliti di Inggris baru-baru ini menemukan obat yang dapat membantu pengidap diabetes meningkatkan fungsi jantung, khususnya bagi yang terkena serangan jantung. Obat ini diklaim dapat membantu orang dengan diabetes untuk mengurangi risiko gagal jantung.

Sejumlah peneliti dari Universitas Oxford Inggris menemukan obat Molidustat. Obat ini dapat meningkatkan kadar protein dalam tubuh dan membantu sel-sel untuk beradaptasi setelah mengalami kekurangan oksigen.

Pasalnya, penderita diabetes rentan mengalami serangan jantung. Hal ini dapat menyebabkan pasokan darah ke jantung berkurang bahkan berhenti, sehingga jantung mengalami kondisi hipoksia atau kekurangan oksigen. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kematian dalam waktu singkat.

Saat ini, Molidustat masih dalam proses uji klinis fase tiga. Selain sebagai obat anemia, Molidustat juga dapat membantu memulihkan kondisi jantung penderita diabetes.

Peneliti British Heart Foundation (BHF) di Universitas Oxford Inggris, Dr. Lisa Heather menjelaskan, penderita diabetes khususnya tipe dua memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan gangguan peredaran darah. Risiko ini bisa mengancam meski mereka memiliki manajemen kesehatan yang optimal.

“Kami berharap bahwa kami telah mengidentifikasi obat yang dapat mengatasi kebutuhan yang tidak terpenuhi ini dan meningkatkan hasil bagi penderita diabetes setelah serangan jantung,” ujar Heather dilansir dari situs standard.co.uk (20/10/2021).

Molidustat bekerja dengan meningkatkan kadar protein dalam tubuh yang disebut Hypoxia Inducible Factor 1 (HIF). Apabila kadar oksigen menurun, HIF akan meningkat. Berdasarkan penelitian, pengidap diabetes memiliki kadar HIF yang lebih rendah di sel jantung.

Riset dari Universitas Oxford tersebut menunjukkan, fungsi jantung pengidap diabetes akan menurun secara signfikan setelah mengalami periode kekurangan oksigen. Namun, ketika jantung diobati dengan Molidustat, fungsi jantung pun kembali normal.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Diabetes yang didirikan oleh Asosiasi Diabetes Amerika ini berkesimpulan, Molidustat dapat membantu meningkatkan pasokan darah ke jantung bagi pengidap diabetes, khususnya setelah mereka mengalami serangan jantung.

Direktur Medis Asosiasi di BHF, Profesor Metin Avkiran, mengatakan bahwa hasil penelitian ini cukup menjanjikan. Obat yang berfungsi menstabilkan HIF dapat menjadi pilihan pengobatan baru untuk mengurangi risiko gagal jantung pada penderita diabetes.

“Penelitian lebih lanjut sekarang diperlukan untuk menerjemahkan temuan tahap awal ini menjadi manfaat klinis,” tutup Avkiran.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
Pin Share

About Post Author

Makan Buah dan Sayuran Cegah Penyempitan Pembuluh Darah Kaki Previous post
Next post
RSS
Follow by Email