Read Time:1 Minute, 37 Second

WARTABUGAR – Ada kabar gembira untuk penderita diabetes pengguna insulin! Sejumlah peneliti di Kolkata, India, saat ini tengah mengembangkan insulin baru yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Selama ini, insulin yang biasa digunakan oleh penderita diabetes tipe satu harus disimpan dalam suhu relatif dingin, sekitar 4 derajat Celsius. Insulin tersebut akan kehilangan khasiatnya apabila dibiarkan dalam suhu ruang selama lebih dari 12 jam. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi penderita diabetes, khususnya bagi mereka yang akan bepergian atau tidak bisa menggunakan lemari pendingin.

Namun baru-baru ini, sejumlah peneliti di India telah menemukan formula insulin baru yang molekulnya tahan hingga suhu 65 derajat Celsius. Bahkan, insulin tersebut bisa bertahan selama berbulan-bulan tanpa harus didinginkan. Insulin model baru ini diberi nama sementara Insu-Lock.

Associate Professor dari Bose Institute India, Dr Shubhramshu Chatterjee, dan peneliti dari CSIR’s Indian Institute of Chemical Biology India, Dr Partha Chakravarthy merupakan dua peneliti yang memimpin penelitian tersebut. Memasuki tahap uji coba klinis, tim peneliti memutuskan untuk bekerja sama dengan Departemen Sains dan Teknologi lembaga terkait.

Dr Shubhramshu Chatterjee mengungkapkan, selama ini penyebab mahalnya harga insulin diakibatkan temperaturnya yang harus selalu dalam keadaan dingin. Selain itu, insulin juga hanya diproduksi oleh beberapa perusahaan farmasi besar, sehingga lebih terbatas.

“Karena fasilitas pendingin (Rantai Dingin) diperlukan mulai dari produksi hingga distribusi, biaya produksi insulin cukup tinggi. Insulin hanya diproduksi oleh tiga atau empat perusahaan besar. Karena fasilitas pendingin atau rantai dingin tidak diperlukan untuk Insu-Lock, bahkan perusahaan yang lebih kecil akan dapat memproduksi insulin. Kami mengantisipasi bahwa dengan cara ini setengah dari biaya dapat dikurangi,” jelas Chatterjee dikutip dari situs berita Manorama, (25/9/2021).

Insulin menjadi salah satu kebutuhan utama bagi penderita diabetes yang organ pankreasnya tidak dapat menghasilkan insulin sendiri. Selain itu, insulin juga dibutuhkan oleh orang dengan diabetes yang tubuhnya tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Tanpa insulin, penderita diabetes memiliki risiko berbagai penyakit yang lebih tinggi, seperti dapat mengalami serangan jantung, gagal ginjal, stroke, kebutaan, hingga amputasi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
Pin Share
Previous post Survei Callsign; Banyak Konsumen Kurang Percaya Informasi Pribadi Aman Tersimpan
peresmian salah satu outlet Erafone Next post Erafone Gelar Erafone Fair Lagi Secara Virtual
RSS
Follow by Email