WARTABUGAR –  Situasi pandemi yang tidak menentu makin mendorong tingkat kecemasan. Masyarakat pun semakin menyadari pentingnya kesehatan jiwa raga yang dapat diperoleh dengan kegiatan mindfulness seperti yoga atau meditasi.

Penelitian dari Frontiers in Psychiatry mencatat bahwa masyarakat yang rutin melakukan yoga dan meditasi mampu membantu meringankan beban pikiran akibat pandemi, mengurangi stres, serta meningkatkan ketenangan berpikir, bahkan terbukti turut meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Lalu, berdasarkan survei COVID Health Assessment Scale (CHAS) yang diadakan pada bulan Mei 2020 terhadap 23.900 responden di seluruh dunia, terdapat 17.782 (74,4%) orang rutin yoga selama masa pandemi.

Kemudian sebanyak 82,8% dari mereka yang rutin melakukan yoga dan meditasi, memiliki tingkat stres yang lebih ringan, bahkan tidak terdeteksi, serta memiliki kemampuan beradaptasi lebih baik dalam situasi pandemi.

Dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAR (8/9/2021), Aprishi Allita, Pakar Yoga & Meditasi, menyetujui survei tersebut.

“Dalam kegiatan yoga, ritme pernapasan menjadi fokus pokok. Kita pun menjadi lebih memahami kondisi tubuh, ruangan, dan lingkungan sekitar (mindful),” ucapnya.

Yoga dan meditasi adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan ketenangan dan keseimbangan (mindfulness and balance)”.

Sementara itu, Danny Wilson Peraji, Market Manager, Tour & Attraction, tiket.com, mendukung pernyataan Aprishi.

“Reward seperti memanjakan diri merupakan salah satu upaya penting untuk merawat diri,” kata Danny.

“Di masa pandemi seperti sekarang ini, reward dapat diwujudkan dalam bentuk sederhana, seperti partisipasi kelas yoga, meditasi secara reguler, atau kembali mengunjungi spa favorit untuk menikmati pengalaman rejuvenasi diri”.

Previous post Untuk Ikut Lestarikan Lingkungan, Bank DBS Gelar Kampanye Kurangi Sampah
Bank DBS Next post Bank DBS Tekankan Pentingnya Yoga Agar Badan Tetap Sehat Di Masa Pandemi