WARTABUGAR – Bukalapak terus mengembangkan usahanya. BukaPengadaan dari Bukalapak berkolaborasi dengan Docking.id sebagai platform pasar online galangan kapal di Indonesia. Dengan bergabungnya Docking.id ke dalam ekosistem besar BukaPengadaan, maka akan memungkinkan para pelaku UMKM memperoleh akses penyewaan galangan kapal dengan lebih mudah, cepat dan efisien.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) secara virtual antara BukaPengadaan (PT Buka Pengadaan Indonesia) dengan Docking.id (PT Laut Indonesiaku BiruIndonesia) telah dilakukan belum lama ini oleh oleh Founder Docking.id Listiyo P. Subiakto dan Direktur BukaPengadaan Hita Supranjaya.

Tujuan dari kerja sama ini juga dimaksudkan untuk menciptakan ekosistem digital yang lebih baik pada industri maritim termasuk galangan kapal, pemilik kapal, pelabuhan, serta para vendor di sektor maritim dalam memenuhi kebutuhannya dengan lebih efektif dan efisien.

Sesuai dengan misi Bukalapak untuk menghadirkan keadilan ekonomi bagi semua, kerjasama ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada para pelaku UMKM dan vendor maritim dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat, sehingga potensi ekosistem besar di industri maritim dapat berkembang dengan lebih pesat.

Kemajuan para pemangku kepentingan khususnya UMKM maritim diharapkan dapat mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia.

Direktur BukaPengadaan Hita Supranjaya menyampaikan optimismenya terhadap kerja sama ini. “Sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam industri maritim digital di masa mendatang. Kerjasama BukaPengadaan dengan Docking.id selaku pioneer platform pasar online galangan kapal di Indonesia akan memberikan nilai tambah dan membawa manfaat yang nyata bagi para pelaku UMKM yang bergerak di sektor maritim,” ujarnya dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAR (3/9/2021)

Hita juga menambahkan, tercatat dari 250 galangan kapal yg terdaftar di Kementrian Perindustrian, 38% sudah tereksposes secara digital, namun sisanya masih menggunakan pendekatan pasar secara konvensional. Hal ini menunjukan, masih terbukanya ruang untuk meningkatkan penetrasi digital pada industri maritim di Indonesia.

Sementara itu, Founder Docking.id Listiyo P. Subiakto mengatakan bahwa kolaborasi antara docking.id dan BukaPengadaan ini akan menjadi tahapan baru menuju terciptanya ecosystem digital maritim di Indonesia.

“Indonesia memerlukan terobosan ini, dengan sebegitu luasnya wilayah perairan indonesia, digital adalah solusi paling masuk akal untuk dapat menggabungkan pelaku bisnis maritim dari Sabang hingga Merauke,” pungkas Listiyo.

 

Pertemuan Dubes Australia dan Ketua PPATK Previous post Dubes Baru Australia Kunjungi PPATK, Bahas Pendanaan Terorisme
Cafe Dangdut New York Next post Sosialisasikan Musik Dangdut dan Kopi, KJRI New York Buka Cafe Dangdut