23 Juli 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

DBS Luncurkan Platform Penerbitan Obligasi Digital Otomatis Pertama di Asia

Untuk mendorong upaya dalam menciptakan pasar modal yang lebih efisien dan mudah diakses melalui digitalisasi, DBS meluncurkan FIX Marketplace.

WARTABUGAR – Untuk mendorong upaya dalam menciptakan pasar modal yang lebih efisien dan mudah diakses melalui digitalisasi, DBS meluncurkan FIX Marketplace. Ini menjadikannya platform Fixed Income Execution pertama di Asia, di mana penerbit dapat langsung terhubung dengan investor di platform tersebut atas kesepakatan mereka.

Keppel Corporation Limited (Keppel Corporation) adalah penerbit korporat pertama yang memiliki Program Euro-Commercial Paper senilai USD 1,0 miliar untuk diterbitkan melalui FIX Marketplace, dan telah menunjuk DBS sebagai satu-satunya arranger dan dealer program tersebut.

Tujuan dari FIX Marketplace adalah untuk membuat akses pasar modal menjadi lebih efisien dan mengembangkan pasar obligasi di Asia yang lebih cepat, sehingga menciptakan pasar yang lebih inklusif dan dapat diakses oleh penerbit.

Clifford Lee, Global Head of Fixed Income DBS mengatakan, sudah waktunya mentransformasikan cara-cara tradisional dalam bertransaksi obligasi menjadi lebih digital, untuk melakukan apa yang telah lama dicita-citakan, dengan mengambil langkah menuju penciptaan platform independen yang memungkinkan penerbit obligasi mengakses langsung secara efisien dan efektif ke pasar dan investor obligasi.

Menurutnya, FIX Marketplace menandai langkah pertama dalam perjalanan ambisius ini untuk mendemokratisasikan pasar modal guna menciptakan transparansi lebih baik dan memperluas inklusi keuangan. Hal ini hanya dapat dilakukan secara efektif melalui konsultasi dan kerja sama dengan pelaku pasar dan partisipan, termasuk arranger, emiten, investor, pengacara, auditor dan lembaga kliring.

“Melalui upaya kolektif ini, kami dapat meningkatkan kemampuan dan fitur FIX Marketplace untuk mengubah pasar menjadi lebih baik,” kata Lee.

“Kami bersyukur dan bangga memulai perjalanan ini dengan Keppel Corporation sebagai penerbit pertama yang bergabung di platform ini, Phillip Securities sebagai investor utama, bersama dengan Linklaters dan perusahaan Singapura terkemuka lainnya dalam penyediaan wawasan dokumentasi hukum.”

Pengembangan platform ini diuntungkan dengan konsultasi dan kolaborasi selama berbulan-bulan dengan berbagai pelaku pasar yang memiliki visi yang sama. Lebih dari USD 300 juta dari penerbitan sertifikat deposito bank yang dipimpin dealer telah ditransaksikan di platform ini dengan cara investor berlangganan secara langsung.

Keppel Corporation adalah perusahaan pertama yang mendirikan Program Euro-Commercial Paper digital senilai USD 1,0 miliar di FIX Marketplace, dan dengan bergabungnya investor seperti Phillips Securities, proses otomatis end-to-end tanpa hambatan dapat terfasilitasi – menghubungkan penerbit dengan investor secara langsung tanpa keterlibatan bank – untuk pertama kalinya di Asia. Semua nota yang diajukan untuk terbit di platform ini nantinya akan bisa langsung dinikmati oleh investor.

Dalam kesempatan yang sama, Lynn Koh, Director of Group Treasury, Keppel Corporation, mengatakan, pembentukan Program Digital Euro-Commercial Paper senilai USD 1,0 miliar menandai pentingnya rencana digitalisasi Keppel.

“Kami berharap dapat berkolaborasi dengan DBS dalam penerbitan di bawah Program Euro-Commercial Paper di FIX Marketplace, yang memungkinkan perusahaan seperti Keppel untuk merespons dengan cepat peluang pasar dengan penawaran yang dapat dilakukan sendiri,”tutur Koh.

Kemudian, Richmond Zhan, Head of Fixed Income, Phillip Securities, mengaku senang dapat bergabung untuk berpartisipasi dalam commercial paper melalui DBS FIX Marketplace setelah kesepakatan diresmikan. Pihaknya menghargai proses berlangganan yang lancar dan otomatis, serta berharap DBS FIX Marketplace membawa efisiensi dan transparansi yang lebih besar ke pasar modal.

“Klien kami dapat mengakses Euro-Commercial Paper selain obligasi grosir global langsung di platform perdagangan online kami, POEMS. Selain itu, dengan kemudahan akses ke surat berharga melalui DBS FIX Marketplace, investor dapat memperoleh pendapatan yang lebih tinggi melalui deposito jangka pendek,” kata Zhan.

Tim penasihat legal hukum juga memainkan peranan penting dalam pengembangan FIX Marketplace. Pihak-pihak yang terlibat termasuk firma hukum internasional terkemuka, Linklaters, memberi nasihat tentang proses yang diperlukan untuk mendigitalkan dokumen yang diperlukan untuk memungkinkan proses penarikan digital, dan penasihat lokal WongPartnership, Allen & Gledhill dan Rajah & Tann, yang berpartisipasi dalam pengembangan dengan bekerja sama dengan klien penerbit yang potensial.

FIX Marketplace merupakan landasan penting bagi DBS dalam perjalanannya untuk membantu mendigitalkan pasar modal di Asia. Untuk tahap pengembangan selanjutnya, penerbit dapat menerbitkan obligasi digital mandiri yang akan dicatat pada DBS Digital Exchange (DDEx) untuk memberikan basis investor alternatif bagi perusahaan untuk memanfaatkan pasar modal sebagai ambisi bisnis dan pertumbuhan mereka.