23 Juli 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Sabar, Obat Terapi COVID-19 Remdesivir Lokal Baru Ada Di Pasaran September Mendatang

Impor obat Remdesivir yang bisa mengatasi COVID-19 mengalami kendala. Pasalnya, obat asal India tersebut terhambat pengirimannya karena adanya lockdown di India.

WARTABUGAR – Impor obat Remdesivir yang bisa mengatasi COVID-19 mengalami kendala. Pasalnya, obat asal India tersebut terhambat pengirimannya karena adanya lockdown di India.

Pemerintah Indonesia pun berinisiatif untuk memproduksi Remdesivir di dalam negeri. Jika semua berjalan mulus, rencananya Remdesivir akan mulai tiba di pasaran bulan September 2021 ini.

Direktur Utama Kimia Farma, Verdi Budidarmo mengatakan, importisasi obat Remdesivir memang terkendala pasca India melakukan lockdown. Dia menjelaskan, untuk mengatasinya maka akan dilakukan pengembangan.

“Produk Remdesivir juga dilakukan pengembangan di dalam negeri diproduksi bersama Kimia Farma dan Phapros. Diharapkan launching September,” kata Verdi dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI, dikutip dari kanal Youtube DPR RI, dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (7/7/2021).

Di Indonesia, penggunaan Remdesivir telah mendapat izin Badan POM. Selain Remdesivir, Favipiravir juga telah mengantongi Emergency Use Authorization (EUA) untuk menangani pasien COVID-19.

Sedangkan terkait dengan ketersediaan bahan baku Favipiravir dan Azithromycin tidak ada masalah. Verdi menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan sebanyak 58 ribu dus Azithromycin bulan lalu. Dalam satu dus berisi 20 tablet obat. Sementara untuk Favipiravir, Verdi menyebutkan saat ini tengah pasang target untuk bisa memproduksi hingga 7 juta tablet.

“Importasi produk Favipiravir dan Azithromycin kondisi ketersediaan bahan baku cukup,” tutup Verdi.