Read Time:1 Minute, 22 Second

WARTABUGAR – Mengonsumsi buah stroberi setiap hari sebanyak 2,5 cangkir bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Stroberi yang setara dengan 130 kalori jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke hingga diabetes.

Hal tersebut diungkapkan oleh para dokter peneliti di Oklahoma Medical Research Foundation (OMRF). Dokter sekaligus peneliti medis di Program Penelitian Arthtritis dan Imunologi Klinis OMRF, Dr. Hal Scofield, menyebutkan bahwa penelitian tentang stroberi ini merupakan temuan kesehatan yang berharga. Stroberi bisa dikonsumsi tanpa efek samping dan tersedia sepanjang tahun.

Dengan catatan, sebaiknya buah stroberi ini dimakan secara utuh untuk memperoleh manfaat maksimal. Seperti asam lemak omega-3 pada ikan, senyawanya akan berfungsi optimal pada tubuh jika dikonsumsi secara menyeluruh.

“Kita tahu bahwa makan ikan memiliki lebih banyak manfaat kesehatan daripada minum pil minyak ikan. Ini tampaknya sama untuk stroberi,” jelas Scofield dilansir dari The Oklahoman, (8/6/2021).

Scofield menemukan bahwa pada orang dengan obesitas, konsumsi harian 32 gram bubuk stroberi dicampur dengan air (setara dengan sekitar 14 ons stroberi segar) dapat menurunkan glukosa darah peserta, meningkatkan lipid baik dan mengurangi kolesterol LDL yang menjadi faktor penyebab serangan jantung dan stroke. Partisipan dalam penelitian juga menunjukkan peningkatan resistensi insulin, penyebab diabetes tipe 2.

Hasil penelitian Scofield sebelumnya menunjukkan bahwa stroberi berfungsi sebagai anti-inflamasi yang efektif untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan osteoartritis, penyebab utama kecacatan dan penggantian sendi pada orang dewasa di Amerika Serikat.

“Gagasan bahwa stroberi memiliki senyawa anti-inflamasi dan menyehatkan jantung bukanlah hal baru, tetapi menerapkan manfaatnya secara langsung pada penyakit tertentu. Intinya adalah makan dengan baik. Kita seharusnya makan lima porsi buah dan sayuran sehari. Ini hanya satu indikator lagi bahwa manfaatnya nyata,” tutup Scofield.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Call Center 110 Milik Polri Akan Memanfaatkan Artificial Intelligence
Erick Thohir jadi Ketua PRSNNI Next post Seberapa Penting Peranan Vaksinasi dalam Pemulihan Perekonomian Indonesia?