20 Juni 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Aneh, Kanker Bisa Dibasmi Dengan Obat TBC

Sirturo, obat untuk mengatasi penyakit paru tuberkolosis (TBC) ternyata bisa mencegah penyebaran sel kanker. Obat yang telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) ini tengah diuji di Inggris.
Ptgenemeriksaan paru dengan rhasil so

WARTABUGAR – Sirturo, obat untuk mengatasi penyakit paru tuberkolosis (TBC) ternyata bisa mencegah penyebaran sel kanker. Obat yang telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) ini tengah diuji di Inggris.

Berdasarkan hasil penelitian Universitas Salford Inggris, obat TBC yang sudah mendapatkan izin edar mampu memblokir penyebaran sel-sel kanker yang sulit dikendalikan, yang disebut juga dengan istilah metastasis. Metastasis artinya sel kanker telah melepaskan diri dari titik tumbuhnya dan berpindah pada jaringan atau organ lainnya dalam tubuh.

Profesor yang terjun dalam penelitian di Universitas Salford, Michael P Lisanti mengatakan, Sirturo efektif memblokir metastasis. Efektivitas obat TBC dalam memblokir sel kanker ini bahkan mencapai 85 persen.

“Obat ini setidaknya mampu memblokir 85 persen metastasis dalam uji coba, dengan tidak membuat sel-sel sehat terluka,” jelas Michael P Lisanti dikutip dari Republika seperti dilansir dari laman New Atlas, (6/6/2021).

Peneliti di Universitas Salford mengamati dengan menggunakan biosensor untuk mengukur molekul pembawa energi di dalam sel (ATP). Dengan bantuan biosensor, peneliti dapat mengamati sel metastasis paling kuat yang sebelumnya sulit dihentikan dengan radiasi atau kemoterapi.

Setelah melalui uji coba obat pada hewan, ditemukan bahwa Sirturo memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi sel kanker serta memblokirnya dari penyebaran yang lebih meluas. Hal ini disebabkan karena Sirturo dapat melemahkan mitokondria penghasil ATP tanpa merusak sel-sel yang sehat.