20 Juni 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Samsung Sediakan Pabriknya Sebagai Tempat Produksi Vaksin COVID-19 Moderna

Untuk memasarkan vaksin COVID-19 ke seluruh dunia, Moderna, salah satu produsen vaksin asal Amerika Serikat, terus meningkatkan jaringan produksinya. Salah satunya dengan bekerjasama dengan produsen negara yang bersangkutan. Di Korea Selatan Moderna menggandeng Samsung, yang lebih dikenal sebagai produsen barang elektronik.
Vaksin COVID-19 buatan moderna
Vaksin COVID-19 buatan moderna

WARTABUGAR – Untuk memasarkan vaksin COVID-19 ke seluruh dunia, Moderna, salah satu produsen vaksin asal Amerika Serikat, terus meningkatkan jaringan produksinya. Salah satunya dengan bekerjasama dengan produsen negara yang bersangkutan. Di Korea Selatan Moderna menggandeng Samsung, yang lebih dikenal sebagai produsen barang elektronik.

Seperti dilansir Fierce Pharma (24/5/2021), Moderna telah memanfaatkan Samsung Biologics untuk skala besar, tugas menyelesaikan pengisian komersial pada vaksin berbasis mRNA. Setelah kesepakatan dicapai, transfer teknologi akan dimulai “segera” di fasilitas Samsung di Incheon, Korea Selatan, di mana CDMO berencana untuk memanfaatkan jalur penyelesaian, pelabelan dan pengemasan untuk menghasilkan “ratusan juta” dosis vaksin untuk negara-negara selain Amerika Serikat.

“Karena tingginya tingkat urgensi dalam memasok vaksin ke populasi global, kami telah menetapkan rencana tindakan dan jadwal segera untuk membuat mRNA-1273 tersedia untuk distribusi komersial pada awal paruh kedua tahun 2021,” John Rim, CEO Samsung Biologics , kata dalam sebuah pernyataan.

Lebih khusus lagi, perusahaan tersebut berencana untuk memulai pengiriman dari Incheon pada kuartal ketiga 2021. Moderna tidak merinci negara lain mana yang akan menerima bidikan buatan Samsung.

Tidak ada perusahaan yang menjawab permintaan komentar Fierce Pharma pada saat pers.

Korea Selatan memberkati tembakan Moderna dengan otorisasi pemasaran bersyarat pada hari Jumat; negara telah membeli 40 juta dosis Moderna. Bersamaan dengan berita persetujuan, Moderna minggu lalu mengatakan akan mendirikan anak perusahaan komersial di Korea akhir tahun ini.

Sehari setelah pengumuman itu, Moderna meluncurkan dua nota kesepahaman dengan negara tersebut: Satu dengan Institut Kesehatan Nasional Korea untuk bekerja sama dalam penelitian mRNA; dan yang kedua dengan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi serta Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan untuk menjajaki peluang pembuatan vaksin mRNA di sana.

Pada hari Senin, Moderna juga memperluas perjanjiannya dengan spesialis DNA plasmid Aldevron untuk mendukung vaksin COVID-19, serta jalur klinis bioteknologi. Aldevron siap menyediakan DNA plasmid sebagai templat genetik yang digunakan untuk menghasilkan vaksin mRNA Moderna, ditambah program investigasi lainnya, kata perusahaan itu.

Moderna telah bermitra dengan sejumlah kelas berat CDMO untuk vaksin COVID-19, termasuk Catalent dan Lonza Swiss. Baru-baru ini, ia meminta Rovi Spanyol untuk melakukan pekerjaan finishing di Madrid. Pada pertengahan April, Rovi mengatakan akan mulai memproduksi zat aktif untuk vaksin Moderna, di samping tugas pengisian ulang yang berkelanjutan.