20 Juni 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Fosil Kerangka Hiu Tertua Ditemukan di Inggris, Diduga Berusia 150 Juta Tahun Lalu

Penemuan fosil langka ini berasal dari Formasi Kimmeridge Clay di Inggris, sederetan batuan sedimen yang terbentuk di laut dangkal tropis-subtropis selama Jura Hulu, sekitar 150 juta tahun yang lalu. Fosil kerangka hiu ditemukan lebih dari 20 tahun yang lalu di pantai selatan Inggris dan sekarang disimpan di Etches Collection. Spesimen fosil hiu tambahan darinya akan diselidiki di tahun-tahun mendatang.

WARTABUGAR – Penemuan fosil langka ini berasal dari Formasi Kimmeridge Clay di Inggris, sederetan batuan sedimen yang terbentuk di laut dangkal tropis-subtropis selama Jura Hulu, sekitar 150 juta tahun yang lalu. Fosil kerangka hiu ditemukan lebih dari 20 tahun yang lalu di pantai selatan Inggris dan sekarang disimpan di Etches Collection. Spesimen fosil hiu tambahan darinya akan diselidiki di tahun-tahun mendatang.

Karena penggantian gigi seumur hidup, gigi hiu adalah salah satu penemuan vertebrata paling umum yang ditemukan dalam catatan fosil. Di sisi lain, potensi pengawetan yang rendah dari kerangka tulang rawan yang termineralisasi dengan buruk, mencegah fosilisasi spesimen yang sepenuhnya diawetkan dalam banyak kasus.

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PeerJ dan dipimpin oleh Sebastian Stumpf dari Universitas Wina sekarang menyajikan kerangka fosil hiu purba baru dari Kimmeridge Clay Formation of England, urutan batuan fosil yang terbentuk selama Akhir Jurassic di dangkal. , laut tropis-subtropis.

Fosil hiu baru, yang berusia sekitar 150 juta tahun, termasuk dalam genus dan spesies hiu hybodontiform yang sebelumnya tidak diketahui bernama Durnonovariaodus maiseyi. Penemuan fosil yang sangat langka ini dibuat hampir 20 tahun yang lalu di pantai selatan Inggris dan sekarang disimpan dan dikuratori di Etches Collection, yang menampung salah satu koleksi fosil paling signifikan secara ilmiah di Inggris.

Hiu Hybodontiform adalah salah satu kelompok hiu yang paling kaya spesies dan mewakili kerabat terdekat hiu modern. Mereka pertama kali muncul selama masa Devonian terakhir, sekitar 361 juta tahun yang lalu, dan punah bersama dengan dinosaurus pada akhir Zaman Kapur, sekitar 66 juta tahun yang lalu. Genus dan spesies baru Durnonovariaodus maiseyi berbeda dari semua hiu hybodontiform yang telah dijelaskan sebelumnya, termasuk yang dicirikan dengan memiliki gigi berbentuk serupa. “Durnonovariaodus maiseyi merupakan sumber informasi penting untuk lebih memahami keanekaragaman hiu di masa lalu serta untuk interpretasi baru evolusi hiu hybodontiform, yang hubungannya masih kurang dipahami, bahkan setelah lebih dari 150 tahun penelitian,” kata Stumpf.

Pentingnya ilmiah dari Formasi Tanah Liat Kimmeridge digarisbawahi oleh kerangka hiu hybodontiform tambahan, tetapi masih belum terdeskripsikan, yang juga disimpan dalam Koleksi Etches. Penelitian fosil hiu dari Formasi Kimmeridge Clay di Inggris yang akan dilanjutkan di tahun-tahun mendatang tentunya akan mengandung kejutan-kejutan lanjutan yang belum ditemukan.