Read Time:1 Minute, 16 Second
vaksinasi lansia
vaksinasi lansia

WARTABUGAR – Rangkaian program Vaksinasi Nasional COVID-19 bagi 181,5 juta penduduk Indonesia ditargetkan terlaksana dalam jangka waktu satu tahun. Pemerintah pun telah menetapkan sasaran prioritas penerima vaksin.

Pada tahap kedua, pemerintah juga mengutamakan tenaga pelayanan publik, salah satunya buat orang yang berusia lanjut alias lansia. Hal ini karena kelompok masyarakat tersebut lebih rentan terpapar virus corona. Meski begitu, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, terutama mengenai riwayat kesehatan.

Kementerian Kesehatan telah mengedarkan surat yang ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu. Lembar pernyataan bernomor HK.02.02/I/368/2021 mengatur mengenai Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas COVID-19.

Sementara untuk kelompok komorbid, dalam hal ini hipertensi, dapat divaksinasi kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg. Bagi kelompok komorbid dengan diabetes dapat divaksinasi sepanjang belum ada komplikasi akut,” ucap Maxi seperti dikutip dari OBATDIGITAL (5/3/2021).

Selain itu, menurut Anwar Santoso, Ketua Satuan Tugas COVID-19 Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), penyintas COVID-19 dapat divaksinasi jika sudah lebih dari tiga bulan sembuh dari COVID-19. Begitu pun ibu menyusui dapat diberikan vaksin. Kemudian, penyintas jantung dalam kondisi stabil atau tanpa keluhan .

“Penderita penyakit jantung akut atau tidak stabil dengan gejala sesak napas, nyeri dada, berdebar, penurunan kesadaran atau tekanan darah lebih dari 180/100 mmHg belum direkomendasikan vaksinasi COVID-19,” ujar Anwar dalam keterangan tertulis yang disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (3/3/2021).

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
peresmian salah satu outlet Erafone Previous post Erajaya Swasembada Akan Lakukan Stocksplit
Alim Gunadi Next post Sinar Mas Land Luncurkan Program Baru Untuk Menarik Calon Pembeli, Apa Itu?