Kredivo-GSI Lab salurkan alat PCR ke Satgas COVID-19
Kredivo-GSI Lab salurkan alat PCR ke Satgas COVID-19

WARTABUGAR – Salah satu upaya untuk memutuskan mata rantai penularan COVID-19, adalah menggenjot pemeriksaan dengan tes PCR (polymerase chain reaction). Nah dalam rangka itu, Kredivo, platform kredit digital menggandeng Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) guna memperluas dan mempercepat tes COVID-19.

Di situ Kredivo mendonasikan dana sejumlah US$100.000 untuk GSI Lab, yang kemudian dialokasikan menjadi lebih dari 2.000 tes PCR yang akan diberikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. GSI Lab merupakan sebuah kewirausahaan sosial dan pelopor aksi solidaritas #SwabAndSaveIndonesia untuk mendukung pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penanganan COVID-19 melalui tes PCR yang cepat dan akurat.

Sebanyak lebih dari 2.000 tes PCR yang didonasikan Kredivo akan dialokasikan kepada masyarakat secara langsung dan pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Kerjasama ini diberikan lantaran testing rate COVID-19 di Indonesia yang belum maksimal dibandingkan dengan standar minimal pemeriksaan dari WHO, yaitu 1 tes per 1.000 populasi setiap minggunya. Jika disesuaikan populasi Indonesia 267 juta jiwa, maka diperlukan pemeriksaan PCR COVID-19 minimal kepada 267.000 orang per minggu. Sedangkan dalam beberapa pekan terakhir, jumlah spesimen yang diperiksa berada pada kisaran 26.000-37.000 per hari.

Seperti dikutip dari OBATDIGITAL (26/2/2021) Lily Suriani, General Manager Kredivo Indonesia mengatakan bahwa sebagai wujud langkah nyata kami dalam mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia, Kredivo menggandeng GSI Lab guna memperluas dan mempercepat tes COVID-19, mengingat pandemi masih menjadi bencana nasional dengan prioritas tertinggi.

“Kami berharap kerjasama kami dengan GSI Lab mampu memberikan akses tes PCR kepada lebih banyak masyarakat, terutama bagi mereka yang rentan namun masih memiliki keterbatasan dalam mengakses tes PCR,” ujar Lily.

Sementara itu, dr. Nino Susanto, B.Eng, MM, Direktur Utama GSI Lab menjelaskan bahwa pihkanya sangat mengapresiasi kontribusi Kredivo dalam membantu mempercepat tes PCR. COVID-19 adalah persoalan kesehatan masyarakat yang harus kita tangani bersama-sama, dimulai dari memeriksa sebanyak mungkin masyarakat agar memberikan data valid penyebaran COVID-19. “GSI Lab lahir untuk menggerakan berbagai pihak untuk bergotong royong agar negeri ini dapat lebih cepat keluar dari krisis,” ucapnya.

Dana Cita Previous post Danacita Raih Pinjaman US$5 Juta Untuk Pembiayaan Pendidikan
Anak penderita kanker Next post Good Doctor-YKAKI Gelar Konser Amal. Agnezmo Ikut Tampil. Nonton Yuk