23 Juli 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Tak Cuma Pelajar Atau Mahasiswa, Pintek Juga Edukasi Lembaga Pelatihan Kerja

Pintek memberikan solusi permodalan untuk kebutuhan peningkatan fasilitas Lembaga Pelatihan Kerja untuk meningkatkan kemampuan kerja dan memberikan kemudahan pendanaan.

WARTABUGAR – Pintek memberikan solusi permodalan untuk kebutuhan peningkatan fasilitas Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Pintek mendukung penuh melalui permodalan kebutuhan untuk membantu LPK dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul agar mampu bersaing di pasar tenaga kerja.

Untuk mensosialisasikan kepada LPK, Pintek menghadirkan acara  edukasi buat LPK. Dalam acara itu, hadir Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian, Dadi Marhadi, memberikan sambutan.

Acara ini diharapkan menjadi sarana bertukar pikiran, berdiskusi, dan mencari informasi bagi LPK maupun BDI (Badan Diklat Indonesia) mengenai program-program Pemerintah untuk LPK, juga pengenalan produk permodalan dari Pintek.

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan sektor industri saat ini, Kementerian Perindustrian secara konsisten menginisiasi program dan kegiatan strategis untuk meningkatkan kompetensi SDM. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pembangunan nasional saat ini difokuskan pada pembangunan SDM yang berkualitas, sehingga perlu dilakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi secara lebih masif. Untuk hal itu, Kemenperin melalui BDI Jakarta mendukung kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi industri.[1]

Salah satu program unggulan BPSDMI yang mengedepankan konsep pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja. Pelatihan berbasis kompetensi tersebut berfokus pada kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan standar yang ditetapkan dan persyaratan di tempat kerja.[2]

Menurut Tommy Yuwono, Co-Founder dan Direktur Utama Pintek, dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAR (16/2/2021) pada saat ini, ada kebutuhan kualitas tenaga kerja mendorong LPK untuk membenah diri dalam perbaikan fasilitas dan operasionalnya.

“Selain itu, adanya kriteria dari program Diklat 3 in 1, juga mendorong LPK untuk memenuhi kebutuhan dan fasilitas menjadi lebih baik lagi. Hal ini yang mendorong kami untuk menyasar LPK agar dapat mengikuti program Diklat 3 in 1 melalui dana talangan yang ditawarkan oleh Pintek,” ujar Tommy.

Melalui dana talangan yang ditawarkan oleh Pintek, diharapkan dapat membantu permodalan bagi LPK untuk meraih kualitas pendidikan lebih baik melalui peningkatan peratalan praktik, laboratorium, maupun untuk talangan operasional. Kami juga berharap produk Pintek dapat berkontribusi terhadap terwujudnya kualitas SDM yang dapat berperan lebih baik di kemudian hari.