23 Januari 2021

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Ini Manfaat Makan Alpukat Yang Perlu Diikuti

Penelitian anyar menyiratkan bahwa makan alpukat setiap hari dapat secara drastis meningkatkan kesehatan usus seseorang secara keseluruhan. Ini bisa berdampak pada pencegahan obesitas.

WARTABUGAR – Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition edisi Agustus 2020, dan dikutip oleh Medical News Today (30/12/2020), menyiratkan bahwa makan alpukat setiap hari dapat secara drastis meningkatkan kesehatan usus seseorang secara keseluruhan.

Menurut ketua tim periset Sharon Thompson, peneliti University of Illinois, Amerika Serikat, berfokus pada bagaimana alpukat memengaruhi sistem pencernaan. Ini memberikan manfaat baru yang menyebutkan alpukat bisa mencegah obesitas.

“Kami tahu makan alpukat membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi konsentrasi kolesterol darah, tapi kami tidak tahu bagaimana hal itu memengaruhi mikroba usus dan metabolit yang dihasilkan mikroba,” ujar Thompson.

Dalam makalahnya, penulis  mencatat bahwa alpukat juga tinggi serat dan penelitian telah menunjukkan makanan berserat tinggi baik untuk kesehatan pencernaan.

Kesipulan itu didapat setelah studinyamelibatkan 163 partisipan berusia antara 25 dan 45 tahun. Tim tersebut berharap untuk mengukur efek konsumsi alpukat setiap hari pada individu dengan kelebihan berat badan dan obesitas yang dalam keadaan sehat.

Para peneliti membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok. Selama periode 12 minggu, satu kelompok makan makanan yang mengandung alpukat. Setiap peserta bisa mendapatkan makanan pengganti saat sarapan, makan siang, atau makan malam.

Tapi mereka makan alpukat sebagai bagian dari satu kali makan setiap hari. Kelompok kontrol makan makanan serupa tetapi tanpa alpukat.

Anggota dari kedua kelompok memberikan sampel darah, urin, dan feses selama periode studi 3 bulan. Semua peserta melaporkan berapa banyak makanan yang mereka makan, dan, setiap bulan, mereka menyerahkan daftar lengkap semua yang mereka konsumsi.