Read Time:1 Minute, 16 Second
Menkes dan Wamenkes yang Baru mendatangi Kemenkes
Menkes dan Wamenkes yang Baru mendatangi Kemenkes

WARTABUGAR – Budi Gunadi Sadikin (BGS) resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024, menggantikan Terawan Agus Putranto. Pelantikannya berlangsung di Istana Negara Jakarta Pusat, (23/12/2020).

Ada pun tugas pertama Menkes, BGS yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo adalah mengendalikan pandemi COVID-19. Dalam pidato singkatnya setelah dicalonkan, mantan Wakil menteri BUMN ini mengatakan bahwa pengendalian Pandemi COVID-19 harus dilakukan secara inklusif bersama seluruh masyarakat Indonesia agar setiap warga negara dapat kembali memulai hidup yang normal.

“Kemenkes tidak mungkin melakukannya secara ekslusif, kita harus melakukannya secara inklusif. Dan kami percaya tidak cukup pemerintah membuat program sendiri, tapi harus suatu gerakan yang dilakukan bersama sama bersama masyarakat Indonesia” ungkap Menkes

Sebelum menjadi Menkes, BGS ikut berperan dimasa awal pandemi dalam membuka jaringan internasional dan mengerahkan sumberdaya dalam negeri untuk pengadaan 20 alat PCR test dengan kapasitas lebih dari 10,000 test/hari atau 28% dari kapasitas nasional; Vaksin COVID-19 serta membuat sistem pelaksanaan dan distribusi vaksinas; serta obat penyembuhan (thereupatic) COVID-19.

Selain itu, BGS juga turut aktif memonitor dan mengelola 70 Rumah Sakit BUMN dalam penanganan COVID-19 dengan salah satunya menaikan kapasitas tempat tidur RS BUMN menjadi lebih dari 6,500 tempat tidur.

Untuk membantu kinerja Kementerian Kesehatan, Presiden Joko Widodo juga menunjuk ahli molekuler diabetes Fakultas Kedokteran Universitas IndonesiaDante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes). Dante  juga dilantik pada hari yang sama.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Siswanto Rudi Previous post Persaingan Galangan Kapal Makin Ketat, Konsep KEK-FTZ Tak Relevan Lagi
Penandatangan kerjasama Kemkominfo-GoodDoctor Next post Catat Aplikasi PeduliLindungi Buah Kerjasama Kemkominfo-GoodDoctor Sudah Bisa Diakses