Salah satu kamar Singgahsini
Salah satu kamar Singgahsini

WARTABUGAR – Bisnis properti hunian sewa sementara seperti kos merupakan bisnis yang menarik dan disebut-sebut bisa memberikan passive income yang stabil. Meski begitu sebenarnya pengelolaan bisnis kos tidak sepenuhnya pasif,  pemilik kos seringkali dipusingkan dengan isu-isu pemeliharaan bangunan, interior, fasilitas, pengelolaan tagihan, pengelolaan uang operasional dan pengelolaan penjaga serta standar layanannya.

Berangkat dari permasalahan yang dihadapi pemilik kos sebagai mitra, Mamikos mendirikan layanan pengelolaan kos Singgahsini yang dapat membantu Mitra Mamikos mengelola properti sehingga dapat menaikkan nilai properti nya.

Singgahsini adalah wajah baru dari Mamirooms yang merupakan anak brand Mamikos. Transformasi Mamirooms menjadi Singgahsini adalah salah satu bukti keseriusan Mamikos yang fokus membantu transformasi bisnis kos Mitra Mamikos menjadi bisnis lebih profesional. Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2019, kos Singgahsini telah tersebar di Jabodetabek, Bandung & Jatinangor, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang, dengan menawarkan sederet keuntungan bagi Mitra Mamikos.

Dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAR (7/12/2020), Co-founder dan CEO Mamikos, Maria Regina Anggit, mengatakan bahwa layanan Singgahsini menyediakan pengelolaan properti end-to-end sehingga Mitra Mamikos tidak perlu khawatir mengenai operasional bisnis properti nya.

“Kami ingin membantu Mitra agar tetap bisa menjadi bapak atau ibu kos yang memberikan layanan terbaik bagi penghuninya di tengah kesibukannya. Selain itu kami juga ingin membantu mitra untuk memenuhi dan mempertahankan okupansi bisnis kosnya sehingga bisnis kos mitra bisa terus maju dan berkembang,” ujar Maria.

Sejak  3-4 bulan mitra bergabung, Singgahsini berhasil memaksimalkan okupansi mitra hingga angka 70-100% dan mempertahankannya hingga bulan-bulan berikutnya. Angka tersebut pun bertahan di masa Pandemi. Rata-rata sejak bulan pertama bergabung, kos Singgahsini menarik 100 peminat potensial.

Tidak hanya menguntungkan bagi Mitra Mamikos, para pencari kos yang menginginkan hunian eksklusif yang nyaman dengan fasilitas lengkap dapat terpenuhi melalui layanan Singgahsini,

Ke depan, Singgahsini akan memperluas jaringannya hingga ke seluruh Indonesia untuk membantu lebih banyak Mitra Mamikos dalam memaksimalkan potensi pendapatannya dan memberikan hunian eksklusif yang nyaman bagi pencari kos.

Sementara itu, Daniel, pemilik kos Singgahsini BSD di Tangerang bergabung dengan Singgahini sejak November 2019. Sebagai Wiraswasta, banyak kesibukan dan belum terlalu paham dalam mengelola kos menjadi alasannya untuk bergabung dengan Singgahsini.

Menurut Daniel, Singgahsini senantiasa membantu melalui pemasaran, pengelolaan kamar, hingga standarisasi interior, fasilitas, operator, pelayanan, serta teknologi pembayaran. Sebelum bergabung dengan Singgahsini Daniel merasa kewalahan dalam mengelola serta bingung menagih pembayaran uang sewa kos yang berbeda-beda tanggal jatuh temponya.

Dengan hadirnya Singgahsini, Daniel merasa mudah, efektif, dan efisien dalam pengelolaannya. Bahkan Daniel merasa beruntung bergabung dengan Singgahsini karena dalam waktu kurang lebih 3 bulan kamar kosnya penuh 100% meskipun sedang dalam masa pandemi. “Ke depan Singgahsini semakin berkembang karena sangat membantu pemilik kos,” tutur Daniel.

Di masa Pandemi, untuk mendukung mitra agar properti kosnya tetap aman dan diminati oleh calon penghuni, Singgahsini juga memiliki program Kos SEHAT yang merupakan  salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan mulai dari penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di depan kos, cek suhu, edukasi untuk penggunaan masker bagi calon penghuni yang survei maupun yang sudah menetap, jaga jarak, penggunaan masker, pembersihan rutin dan penyemprotan disinfektan rutin, dan tersedia sanitasi kit.

Hadirnya Singgahsini diharapkan dapat memberikan layanan auto-pilot dalam pengelolaan kos , membuat bisnis kosnya stabil dan lancar serta membuka potensi bagi Mitra Mamikos untuk terus mengembangkan bisnis kosnya.

“Dan tentunya dengan traffic Mamikos yang dominan di pasar pencari kos dan jutaan peminat kos yang mencari kos di Mamikos setiap bulannya, Singgahsini pun bisa memberikan layanan pemenuhan okupansi terbaik bagi mitra, ”tutup Anggit. (SGH)

POP! Hotel di Bali Previous post POP! Hotel Dapat Sertifikasi CHSE Dari Kemenparekraf
Wortel Next post Ilmuwan Jepang Temukan Manfaat Tanaman Ini Untuk Perbaiki Kerusakan Otot PPOK