Read Time:1 Minute, 20 Second
Bendera Uni Eropa
Bendera Uni Eropa

WARTABUGAR – Sebagai bagian dari respon global dari Tim Eropa terhadap pandemi virus korona, Uni Eropa mengumumkan program baru senilai € 20 juta untuk mendukung kapasitas kesiapsiagaan dan tanggapdarurat dari mitra-mitra kami di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Program Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat terhadap Pandemi di Asia Tenggara akan Dilaksanakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bekerja sama dengan pemerintah pusat Negara-negara ASEAN danSekretariat ASEAN.

Seperti dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAR (2/12/2020), Program ini bertujuan meningkatkan koordinasi regional untuk penanggulangan COVID-19 dan memperkuat kapasitas sistem kesehatan di Asia Tenggara, sekaligus memberikan fokus khusus pada kelompok rentan.

Komisioner untuk Kemitraan Internasional, Jutta Urpilainen, mengumumkan program tersebut pada Pertemuan Menteri Luar Negeri Uni Eropa-ASEAN ke-23. “Program Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat terhadap Pandemi Asia Tenggara adalah bagian dari bantuan dan solidaritas Uni Eropa sebesar € 350 juta untuk mendukung para mitra kami di ASEAN untuk mengatasi pandemi COVID-19.

“Koordinasi yang kuat di tingkat regional terhadap akses informasi, peralatan dan vaksin merupakan hal yang krusial
untuk mengatasi krisis ini. Kita sama-sama mengalami krisis ini dan sebagai mitra kita lebih kuat jikamenghadapinya bersama,” kata Urpilainen.

Program yang berdurasi 42 bulan ini akan memperkuat kapasitas pemantauan dan pengujian di Negaranegara ASEAN, serta kapasitas lembaga kesehatan dan tenaga kesehatan dalam menangani kasus COVID-19, sambil tetap memberikan layanan kesehatan penting lainnya.

Program ini juga akan mendukung komunikasi yang transparan dan tepat waktu tentang pandemi, serta mendukung
penyampaian informasi terkait tindakan pencegahan, gejala dan risiko penyakit tersebut ke masyarakat yang tinggal di pedesaan dan daerah terpencil.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Pintek dan Ikatan Guru Indonesia doreronasi ke guru h Previous post Pintek Dapat Pendanaan Senilai US$ 5 Juta
Acronis Luncurkan Produk Terbarunya Next post Awas, Tahun 2021 Kejahatan Siber Meningkat. Penjahat Menyasar Pada Eksfiltrasi Data