23 November 2020

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Menyambut Hari Disabilitas Dunia, Akan Digelar Festival Film. Nonton Yuk

Menyambut Hari Disabilitas Sedunia Desember 2020 nanti, akan digelar festival film True Colors yang berisi 50 film yang menampilkan pengalaman hidup.
Salah satu film peserta TCFF
Salah satu film peserta TCFF

WARTABUGAR – Bagi yang suka film-film yang mengisahkan pengalaman hidup harap bersabar. Mulai 3 sampai 12 Desember 2020 nanti akan digelar True Colors Film Festival (TCFF) dijalankan secara daring (online). Ajang ini menampilkan 30 film utama dan film pendek pemenang penghargaan, yang dipersembahkan oleh The Nippon Foundation.

Menurut rilisnya yang diterima WARTABUGAR, Seluruh film tersebut – yang berfokus pada pengalaman hidup manusia yang diceritakan, seperti hubungan, harapan, impian, dan transformasi – bisa ditonton secara gratis. Beberapa film yang akan diputar antara lain:

The Chess Game of the Wind (1976; Iran), hanya diputar dua kali pada tahun 1976, dan dianggap hilang setelah revolusi Iran tahun 1979. Film ini ditemukan tanpa sengaja di sebuah toko barang tua pada tahun 2014 oleh anak-anak seorang pembuat film bernama Mohammed Reza Aslani. Film tersebut masih dilarang di Iran, lalu diselundupkan ke Paris, di sana pekerjaan restorasi diawasi oleh organisasi nirlaba milik Martin Scorsese, yaitu Proyek Sinema Dunia oleh The Film Foundation. Kisah keluarga tentang seorang pewaris yang lumpuh dan pria pemangsa.

Moral (1982; Filipina) oleh Marilou Díaz-Abaya, yang dikenal dengan kemampuannya untuk menyoroti persoalan sosial politik dari sudut pandang feminis. Moral dipulihkan oleh ABS-CBN pada tahun 2017 sebagai bagian dari suatu proyek untuk mendaur ulang film-film Filipina pilihan secara digital, yang bercerita tentang empat orang wanita yang menghadapi berbagai persoalan seperti perkosaan, aborsi, dan kebebasan seksual dalam masyarakat.

Tanggal peluncuran TCFF — 3 Desember — bertepatan dengan Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Sebagai pengakuan terhadap lebih dari 1 miliar penyandang disabilitas di dunia, TCFFjuga mempersembahkan pilihan film-film bertema.

Antara lain: 37 Seconds (2019; Jepang), tentang seorang seniman muda penulis buku komik yang mengalami kelumpuhan otak, dan bagaimana gadis ini menghadapi disabilitas dirinya, sambil membangun karier dalam industri manga dewasa; A Long Journey for the First Steps (2017; Slovenia), pengalaman anak-anak Palestina yang menjadi korban perang di Gaza dan rehabilitasi mereka; Elsewhere (2015; Italia), pemikiran seseorang yang mengalami Sindrom Down; Over the Horizon (2017; Rusia), fotografer dan pelancong buta yang berbagi cerita tentang dunianya kepada orang-orang yang bukan tunanetra; Stand By Me (2020; Singapura), 46 artis di seluruh dunia membawakan lagu-lagu populer Ben E. King yang sangat menyentuh emosi di tengah pandemi global COVID-19; dan The Soul of Sophanna’s Song (2017; Kamboja), tekad kuat seorang pria untuk hidup dan menghadapi berbagai rintangan yang luar biasa.