23 November 2020

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Buku Geologi Terbaru Diluncurkan. Jadi Referensi Pengembangan Migas

Sekolah Bumi dan Ikatan Alumni Teknik Geologi ITB (Institut Teknologi Bandung) punya kaldo istimewa di saat hari ulang tahunnya ITB ke 100. Yaitu terbitnya buku:  "An Introduction into The Geology of Indonesia" karya Prof. Dr. R. P. Koesoemadinata

WARTABUGAR – Sekolah Bumi dan Ikatan Alumni Teknik Geologi ITB (Institut Teknologi Bandung) punya kaldo istimewa di saat hari ulang tahunnya ITB ke 100. Yaitu terbitnya buku:  “An Introduction into The Geology of Indonesia” karya Prof. Dr. R. P. Koesoemadinata. Prof. Dr. R. P. Koesoemadinata yang telah mendedikasikan waktu, tenaga dan pikiran di bidang ilmu geologi lebih dari 60 tahun baik di Indonesia maupun di mancanegara untuk membuat buku sangat penting.

Buku ini merupakan karya sejarah anak bangsa Indonesia yang membanggakan karena merupakan buku geologi Indonesia komprehensif pertama yang ditulis oleh ahli geologi Indonesia. Buku ini merupakan jawaban dari kebutuhan untuk memutakhirkan keilmuan geologi Indonesia. Buku ini selain menjadi bahan pembelajaran mahasiswa geologi, juga akan menjadi rujukan bagi geologi Indonesia.

Koesoemadinata dan IAGL ITB mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang terlibat didalam penyusunan dan penerbitan Buku ini, serta para donator yang telah mendukung dan mendorong akselerasi penyelesaian buku tersebut. Serta kepada Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) yang telah menyediakan sarana untuk terlaksananya grand launching buku An introduction into The Geology of Indonesia ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dalam penyusunan buku ini. Setelah melalui proses yang cukup panjang, 10 tahun kita lalui, buku ini kami harap dapat dijadikan referensi bagi para ahli geologi atau kebumian di Indonesia maupun di mancanegara. Dengan sangat bangga IAGL dari ITB membantu penerbitannya.” ujar Nanang Abdul Manaf, Ketua IAGL ITB, dalam peluncuran buku secara virtual di Jakarta (16/11/2020).

Sebagaimana telah disampaikan di dalam sambutan para tokoh pada hari ini, buku ini merupakan salah satu buku yang akan menjadi rujukan bagi geologi Indonesia, terutama terkait dengan pengembangan eksplorasi energi dan mineral di Indonesia dan diharapkan akan memicu timbulnya penelitian-penelitian baru dalam ilmu kebumian serta aplikasinya.

“Kegiatan eksplorasi dan produksi migas tidak terlepas dari peran institusi pemerintah seperti Dirjen Minerba dan Migas serta badan geologi yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan penelitian, penyelidikan dan pelayanan di bidang sumber daya geologi. Dengan demikian salah satu produk dari kegiatan kegeologian adalah penyediaan informasi geologi yang menjadi dasar bagi pengembangan energi dan mineral. Salah satu referensi yang digunakan badan geologi untuk menghasilkan produk tersebut adalah Buku Buku “An Introduction into The Geology of Indonesia” karyaProf. Dr. R. P. Koesoemadinata yang diluncurkan pada pagi hari ini.” ujar Arifin Tasrif, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI.