Read Time:2 Minute, 56 Second

Erajaya

WARTABUGAR – Helmi, bukan nama sebenarnya, boleh dibilang sudah menjadi pelanggan tetap Era jayaStore. Pertama kali mantan karyawan di salah satu perusahaan swasta di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan, membeli telepon seluler di outlet Erafone, milik PT Erajaya Swasembada Tbk, di salah satu mal di Kalibata, pada tahun 2016. Di situ dijual beberapa produk IT (information tehcnology), termasuk telepon seluler.

Ketika itu ia tertarik membelinya lantaran layanan yang menarik. Jadwal cicilan cukup panjang, dan harga terjangkau. Pada waktu layanan purna jualnya juga membuat konsumen tertarik. Begitu cicilan dari telepon seluler akan habis, salah satu costumer service menghubungi lewat telepon dan memberikan tawaran menarik.

Maka, ia pun tak pergi ke outlet lan, melainkan ke salah satu outlet yang menyatu dengan gerai Indosat di bilangan Mal Metropolitan, Bekasi, pada tahun 2018. “Kebetulan tempat tinggalnya berdekatan, sehingga mudah terjangkau,” ujarnya. Ia ditawari layanan bundling, dimana selain mendapat telepon seluler, ia mendapat fasilitas pemakaian kuota selama cicilan tersebut. Setelah dihitung-hitung, harganya jauh lebih murah daripada membelinya secara tunai dan terpisah dengan pembelian kuota internet.

Karena kauntungan dan kepercayaannya pada layanan tersebut, Helmi mengulanginya dengan membeli ponsel baru di tempat yang sama dua tahun kemudian. Tepatnya pada September 2020. Ia makin tertarik karena telepon seluler yang ditawarkan memiliki IT yang cukup bagus.

Kualitasnya juga cukup bagus. Selain memilki 4 kamera – 3 kamera di belakang dan 1 kamera depan – ponsel tersebut memiliki sistem kamera yang berkualitas tinggi pencahayaan yang lebih bagus. Belum lagi sistem pengamanan yang lebih lengkap daripada ponsel yang dibeli sebelumnya.

Selain itu, ada beberapa aksesoris yang sebelumnya tidak diberikan. Misalnya, screensaver yang diberikan secara gratis dan asuransi bila telepon pecah, jatuh atau terendam air.

Dari contoh di atas menunjukkan bagaimana layanan purna jual menjadi sangat penting bagi suatu usaha agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan tetap pergi ke toko Erafone yang sama untuk membeli produk baru IT yang diinginkan.

Fasilitas atau layanan tersebut sangat penting untuk menjaga kesetiaan pelanggan atau konsumen. Sebab konsumen tidak hanya membeli barang atau merk, melainkan juga pada layanan yang diberikan. Tanpa layanan yang baik, konsumen tidak akan lagi pergi ke outlet yang sama. Mereka lebih memilih pergi ke outlet yang lain yang jumlahnya lebih banyak. Masing-masing outlet itu yang memberikan layanan yang mungkin lebih baik.

Dalam hal ini, yang dimaksud layanan yang baik tidak hanya dalam bentuk layanan tatap muka atau offline. Layanan secara online juga penting. Misalnya komunikasi lewat media sosial (medsos). Sebut saja PT Era Jaya dalam situsnya, eraspace.com, mempunyai fitur livewithIT.

Di fitur tersebut, konsumen tak perlu datang ke outlet, melainkan cukup melihat berbagai telepon seluler dari berbagai merk di situsnya. Konsumen bisa melihat ponsel-posel bermerk terkenal, seperti Iphone, Samsung, OPPO, Huawei, Vivo, dan sebagainya. Konsumen bisa memilih sesuai selera dan kecukupan uangnya. Jika tidak mampu membayar tunai, konsumen pun dapat membelinya secara mencicil dengan bunga 0% untuk jangka waktu hingga 24 bulan.

Kecuali lewat situs, konsumen bisa menjelajahinya melalui media sosial instagram @livewithit_id. Cara memasarkan memang lebih efektif dengan aplikasi instagram. Belakangan ini, orang lebih suka menjajakan produknya lewat instagram. Sebab dengan instagram, konsumen bisa melihat secara detail gambar produk yang diinginkan.

Di lain pihak konsumen juga lebih suka mencari produk yang ditampilkan lewat instagram. Sebab, jika menyukainya dan ingin teman atau kerabatnya membelinya, konsumen cukup memforward gambar yang ditampilkan di aplikasi instagram.

Tak cuma itu, melalui fasilitas chat yang terdapat dalam aplikasi instagram @livewithit_id, pelanggan bisa berkomunikasi dengan costumer service mengenai keunggulan produk IT yang terpampang dalam aplikasi tersebut. Jadi pelanggan tidak akan kecewa dengan produk IT yang sudah dibeli di sana. (aries kelana)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bank DBS Previous post Bank Ini Dicap Sebagai Bank Teraman Di Asia. Percaya?
Webinar berjudul “Komunitas Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil dalam Perubahan Iklim” Next post Pemuda Harus Berperan Aktif Cegah Perubahan Iklim