23 November 2020

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Shopper Tampilkan Harga Produk Barang Yang Dijual di Pasar Swalayan. Untuk Apa?

Shooper, database engine offline grocery atau aplikasi pencari harga produk keperluan sehari-hari, pertama dan satu-satunya di Indonesia, membantu menghemat pengeluaran rumah tangga. Pengguna diajak untuk saling bergotong royong melalui penerapan teknologi dengan berbagi informasi harga produk keperluan sehari-hari yang di jual di berbagai minimarket, supermarket, maupun toko-toko offline di seluruh Indonesia, untuk saling membantu sesama pengguna

WARTABUGAR – Pandemi COVID-19 telah memberikan berbagai dampak sosial dan ekonomi di antaranya menurunnya pendapatan rumah tangga, hingga tidak sedikit yang kehilangan mata pencaharian.

Shooper, database engine offline grocery atau aplikasi pencari harga produk keperluan sehari-hari, pertama dan satu-satunya di Indonesia, membantu menghemat pengeluaran rumah tangga. Melalui Shooper, pengguna diajak untuk saling bergotong royong melalui penerapan teknologi dengan berbagi informasi harga produk keperluan sehari-hari yang di jual di berbagai minimarket, supermarket, maupun toko-toko offline di seluruh Indonesia, untuk saling membantu sesama pengguna.

Hal ini dapat dilakukan hanya dengan mengunggah struk belanja mereka ke aplikasi Shooper. “Ide awal berdirinya Shooper berawal dari sekumpulan ibu rumah tangga di kawasan Bintaro yang saling berbagi informasi harga barang termurah, dan tidak disangka informasi yang sederhana ini memberikan manfaat bagi banyak orang,” kata Oka Simanjuntak, CEO & Founder Shooper seperti dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAT (21/10/2020).

Dengan Shooper, pengguna bisa mendapatkan informasi harga untuk berbagai barang rumah tangga, termasuk dimana harus membelinya. Sehingga pengguna dapat membandingkan harga dan membeli barang dengan harga termurah.

Menurutnya, faktor harga merupakan hal yang terpenting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Menurut sebuah survei yang dilakukan Mckinsey & Company, kondisi perekonomian yang menurun diakibatkan pandemi COVID-19 saat ini, mendorong masyarakat untuk lebih selektif dalam menentukan barang apa yang hendak dibeli dan dimana harus membelinya dengan harga lebih murah.

Namun selama ini informasi harga barang-barang yang di jual di minimarket, supermarket, maupun toko-toko offline masih sangat terbatas dan tidak dapat ditemukan secara online.

Informasi yang beredar pun umumnya dalam bentuk katalog dan hanya menampilkan barang-barang promo di toko offline tersebut.

Penghematan untuk belanja rumah tangga sangat penting mengingat menurut Bank Dunia, pengeluaran terbesar untuk rata-rata rumah tangga di Indonesia adalah pengeluaran kebutuhan rumah tangga (grocery), yaitu sekitar 49% dari total pengeluaran.

Dengan menggunakan teknologi Human Augmentation, yang merupakan penggabungan dari Artificial Intelligence dengan Human Interaction, data yang didapat dari setiap struk belanja yang diunggah oleh pengguna akan dikumpulkan, dianalisis dan di olah kembali sehingga dapat memberikan informasi harga yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh para pengguna.

Hadir sejak April 2020 yang lalu, Shooper telah memiliki informasi harga hingga lebih dari 10,000 minimarket, supermarket, maupun toko-toko offline di seluruh Indonesia dan telah membantu rumah tangga untuk menghemat pengeluaran hingga ratusan ribu rupiah pada setiap bulannya.