Read Time:2 Minute, 37 Second
TOD Stasiun Cisauk (dok Sinar Mas Land)

WARTABUGAR – Kawasan transit oriented development (TOD) kini menjadi tren dalam pembangunan properti.

Pasalnya, TOD merupakan pengembangan yang mengintegrasikan desain ruang kota untuk menyatukan orang, kegiatan, bangunan, dan ruang publik melalui konektivitas yang mudah dengan berjalan kaki ataupun bersepeda serta dekat dengan pelayanan angkutan umum yang sangat baik ke seluruh kota.

Salah satu kawasan TOD yang pertama kali dikembangkan di Indonesia adalah Intermoda BSD City, Kabupaten Tangerang, seluas 25 hektare.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun berkesempatan menjajal area jalan utama Intermoda BSD City dengan bersepeda, Minggu (4/10).

Ia ditemani Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, kalangan selebritas, seperti Wulan Guritno, Nugie, dan influencer lain melakukan gowes bareng sekaligus mengajak masyarakat berolahraga untuk hidup sehat.

Dalam rilisnya yang diterima WARTABUGAR (5/10/2020), Budi Karya mengatakan bahwa pengguna angkutan massal kita baru mendekati 30%, padahal idealnya 60%.

Angkutan massal dapat hidup kalau ada layanan intermoda seperti kereta dengan bus, pesawat, mobil pribadi, dan sepeda.

Intermoda BSD City, menurutnya, merupakan kawasan TOD yang paling baik, nomor satu, di Indonesia. Itu dibuktikan naik sepeda lebih dari 3 km tidak keringatan. Artinya, orang mau ke kantor bisa naik sepeda.

“Intermoda BSD City akan kami jadikan percontohan untuk pengembangan TOD di Indonesia,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan bersama rombongan berangkat menggunakan kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Palmerah, Jakarta, menuju Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyambut kedatangan Menteri Perhubungan. Ia berharap kehadiran TOD membuat masyarakat nyaman bepergian.

“Ini merupakan kolaborasi pemerintah daerah, pengembang, KAI, dan beberapa pihak lain agar menjadi contoh bagi stasiun lain dalam penataan ruang dan lingkungan dengan baik sehingga kita dapat mengangkat harkat martabat masyarakat dan transportasi umum,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany pun turut menyambut Menteri Perhubungan saat mengunjungi Stasiun Cisauk.

“Ini merupakan kawasan TOD yang sangat luar biasa. Berbagai fasilitas lengkap disediakan bagi seluruh kalangan masyarakat sehingga mereka mau menggunakan transportasi massal,” ucap Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Selebritas Wulan Guritno mengakui fasilitas stasiun dan terminal dalam kawasan intermoda BSD City sangat bagus. Ia merasakan kemudahan akses saat membawa sepeda untuk berolahraga.

Nugie juga menyatakan terpesona dengan semua interkoneksi yang dinikmati. “Saat kami turun tadi dari KRL, stasiun, pasar, dan terminal intermoda tergabung. Saya sebagai pesepeda tadi sudah ngomong ke Pak Menteri tentang suka dukanya dulu naik KRL dan sekarang baru suka banget,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe sangat mendukung Kemenhub dalam kampanye bersepeda dan penggunaan kendaraan umum.

Keberadaan kawasan TOD Intermoda BSD City juga bermanfaat membersihkan udara dari polusi karena penggunaan kendaraan bermotor pribadi menjadi berkurang.

“Ini turut membuat kawasan BSD City tampak asri dan memiliki kualitas udara yang baik sehingga cocok untuk berolahraga,” ujar Dhony.

Di sisi lain, BSD City melalui Pasar Modern BSD City juga telah dijadikan percontohan oleh Kementerian Perdagangan sebagai salah satu pasar terbaik di Indonesia. Ini disebabkan pasar tradisional itu terasa layaknya supermarket karena berada dalam gedung yang bersih.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Buntut Ucapan Moeldoko, IPW Minta Polisi Usut RS
Next post Zilingo Gelar Kampanye OctoberFest di Bulan Ini, Mau Tahu?