Read Time:2 Minute, 39 Second
Penandangan kerjasam Good Doctor dan YKAKI (Dok: Good Doctor)

WARTABUGAR – Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) bersama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) meluncurkan inisiatif program “KADO (KonsultAsi Dokter Online) untuk YKAKI”. Tujuannya, membantu anak-anak pejuang kanker dari keluarga prasejahtera agar terlindungi dari COVID-19.

Inisiatif ini diluncurkan bertepatan dengan Bulan Peduli Kanker Anak di September yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap komunitas kanker anak sebagai kelompok rentan yang membutuhkan perhatian khusus selama masa pandemi.

Selain itu, Good Doctor dan YKAKI juga bekerja sama dengan platform filantropi dan crowdfunding, BenihBaik.com, untuk mengumpulkan donasi publik dan menyalurkan masker bedah bagi para pasien, orang tua, guru, dan koordinator YKAKI di seluruh Indonesia.

Kerjasama tersebut dilakukan lantaran Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan di 2018 menunjukkan prevalensi angka penyakit kanker di Indonesia mengalami kenaikan 1,8% dibandingkan dengan riset yang sama yang dilakukan di tahun 2013. Ada pun kasus kanker pada anak biasanya lebih sulit diketahui. Maka dari itu, perhatian dan kesadaran masyarakat terhadap kasus kanker anak perlu ditingkatkan.

Dalam siaran pers yang diterima WARTABUGAR (30/9/2020), Riskiyana Sukandhi Putra, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh Good Doctor dan YKAKI dalam meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak kanker, terutama yang berasal dari keluarga prasejahtera.

“Kebutuhan akan konsultasi kesehatan menjadi hal yang tidak bisa ditunda, untuk itu, kemudahan akses terhadap layanan kesehatan merupakan fasilitas yang pasti bermanfaat bagi mereka, apalagi di masa pandemi ini ketika anak-anak pejuang kanker perlu terlindungi dari paparan COVID-19,” ucap Riskiyana dalam jumpa pers secara virtual yang digelar Selasa (29/9/2020).

Pada kesempatan yang sama, Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia juga menekankan pentingnya pemanfaatan telemedis untuk mengurangi pelayanan kesehatan secara tatap muka demi melindungi anak-anak pejuang kanker yang lebih rentan terinfeksi COVID-19.

“Di Good Doctor, kami selalu percaya bahwa layanan kesehatan harus dapat diakses oleh setiap keluarga, terutama di saat yang penuh tantangan ini. Dengan memiliki sistem pendukung yang kuat, anak-anak pejuang kanker bisa lebih bersemangat dan kembali mempunyai mimpi yang besar untuk masa depan mereka,” katanya.

Ia berharap program “KADO untuk YKAKI” dapat memberi manfaat nyata bagi pasien dan keluarga komunitas YKAKI untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan mereka.

Sementara itu, Ira Soelistyo, Ketua dan Pendiri YKAKI, menyampaikan kegembiraannya atas kerjasama program “KADO, Pandemi COVID-19” mengubah tatanan hidup kita secara signifikan, termasuk dalam memperoleh layanan kesehatan.

“Dampak ini tak terkecuali dirasakan oleh pejuang kanker anak di komunitas kami karena mereka perlu mendapatkan perawatan dan konsultasi kesehatan dari dokter secara berkala. Kehadiran dokter secara virtual akan memudahkan mereka mendapatkan konsultasi kesehatan dari rumah masing-masing atau rumah singgah YKAKI,” tutur Ira.

Dalam peringatan Bulan Peduli Kanker Anak, program KADO juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membantu pejuang kanker anak di komunitas YKAKI melalui penggalangan dana yang akan dikelola oleh BenihBaik.com. Dana yang jika terkumpul semuanya akan disalurkan dalam bentuk 1.500 masker bedah kepada komunitas YKAKI dan juga biaya operasional rumah singgah YKAKI di seluruh Indonesia.

“Kami merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam program ini. Program ini sejalan dengan visi dan misi kami dalam menunjukkan kepedulian pada isu sosial dan kemanusiaan,” kata Andy F. Noya, Founder BenihBaik.com. (aries k)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
Pin Share
serangan jantung dapat terjadi di perjalanan ( Previous post Ini Tips Berolahraga Buat Pasien Penyakit Jantung Selama Pandemi COVID-19
AXA Mandiri Next post Sambut CR Week ke-10, AXA-AXA Mandiri Gelar Berbagai Kegiatan
RSS
Follow by Email