WARTABUGAR РHati-hati dalam mengonsumsi sesuatu seperti liquorice. Sebab, risikonya terlalu besar dan bahkan bisa mengancam nyawa. Sebab seorang pekerja konstruksi di negara bagian Massachusetts, AS,dilaporkan  terbunuh karena kebiasaan mengonsumsi liquorice (akar manis).

Menurut laporan yang dikutip BBC (24/9/2020) pria tersebut, yang belum disebutkan namanya tetapi berusia 54 tahun, makan sekitar satu setengah kantong akar manis hitam setiap hari.

Dia tidak mengalami gejala apa pun sebelum tiba-tiba mengalami serangan jantung di sebuah restoran cepat saji.

Saat menjelaskan kasus pria itu di New England Journal of Medicine, dokternya mengatakan  glycyrrhizic acid dalam akar manis adalah penyebabnya.

“Kami diberitahu bahwa pasien ini memiliki pola makan yang buruk dan makan banyak permen. Mungkinkah penyakitnya berhubungan dengan konsumsi permen?” Kata Dr Elazer R Edelman.

Dia mengatakan penelitian telah menunjukkan glycyrrhizicacid  dapat menyebabkan “hipertensi, hipokalemia, alkalosis metabolik, aritmia yang fatal, dan gagal ginjal” – semuanya terlihat pada pasien ini.

Hipokalemia adalah ketika kadar kalium seseorang dalam darah menjadi sangat rendah.

Pasien juga baru saja mengubah jenis manisan yang dia makan. Beberapa minggu sebelum kematiannya, dia beralih dari rasa buah merah ke jenis lain yang dibuat dengan akar manis hitam.

Dokter lain, Dr Andrew L Lundquist, setuju dalam laporan tersebut bahwa akar manis adalah penyebabnya.

Dia menulis: “Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan perubahan baru-baru ini pada permen yang mengandung akar manis sebagai kemungkinan penyebab hipokalemia.” (aries k)

Previous post Ini Gunanya Berolahraga Bagi Otak
Next post Meski Dilanda Krisis Global, Yummy Dapat Pendanaan