PAsien COVID-19 di Rumah Sakit
Perawatan pasien Covid-19

WHO Dukung Protokol Uji Coba Obat Herbal COVID-19

OBATDIGITAL-  Pengobatan untuk pasien COVID-19 tampaknya semakin banyak pilihan. Terlebih lagi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Sabtu (19/09/2020), mengesahkan herbal Afrika sebagai obat potensial untuk mengatasi virus corona dan epidemi lainnya.

Dukungan tersebut terlihat dari adanya pengujian molekul yang dikembangkan laboratorium di Asia, Eropa, atau Amerika.

Obat tradisional menjadi opsi untuk mencegah dan mengobati COVID-19. Sebelumnya, kabar ini mencuat ketika Presiden Madagaskar mempromosikan minuman artemisia. Tanaman yang berkhasiat mengobati penyakit malaria. Namun, hal tersebut mendapatkan banyak penolakan.

Pada Sabtu (19/09/2020),  para staf ahli WHO dan organisasi kesehatan lainnya mengesahkan protokol uji klinis pengobatan herbal fase III untuk Covid-19. Selain itu, membuat kerangka acuan untuk pengecekan data dan membentuk dewan pemantauan keamanan untuk uji klinis pengobatan herbal.

“Uji klinis Tahap III sangat penting dalam menilai keamanan dan kemanjuran produk medis baru. Jika suatu produk obat tradisional ditemukan aman, berkhasiat dan terjamin kualitasnya, WHO akan merekomendasikan (itu) dalam skala besar,” ucap Direktur Regional WHO, Prosper Temusiime, dilansir dari AFP, Minggu (20/09/2020).

Meski tidak menyebutkan secara spesifik jenis obat tradisional tersebut, tetapi ini menjadi kesempatan bagi produsen obat tradisional untuk mengembangkan produknya. Apabila minuman artemisia terbukti mengurangi gejala COVID-19, maka kemungkinan obat tersebut dapat dijadikan obat corona.

Direktur WHO Afrika, Matshidiso Moeti juga sempat mengatakan kepada media, Pemerintah Afrika berkomitmen menggunakan pengobatan tradisional yang telah melalui uji klinis, seperti pengobatan lainnya.

“Saya dapat memahami kebutuhan masyarakat dan mendukung sesuatu yang dapat membantu menyelesaikan masalah. Namun, kami ingin mendorong proses ilmiah seperti yang telah ditetapkan pemerintah,” katanya. (ans)

pria obesitas Previous post Pria Mau Langsing? Coba Konsumsi Testosteron. Ini Hasilnya
Jual beli mobil bekas Carro Next post Meski Pandemi COVID-19, Jual Beli Mobil Masih Marak