18 September 2020

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

BPJS Kesehatan Ajak Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat soal JKN-KIS

BPJS Kesehatan resmi menjalin sinergi dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang optimalisasi penyelenggaraan Program JKN-KIS.
penandatangan kerjasama BPJS Kesehatan-UIN Syarif Hidayatullah (BPJS Kesehatan)

WARTABUGAR – BPJS Kesehatan resmi menjalin sinergi dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang optimalisasi penyelenggaraan Program JKN-KIS, Kamis (10/09).

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, lewat kerja sama ini, diharapkan pihak universitas dapat mendorong mahasiswa untuk turut mengedukasi masyarakat mengenai Program JKN-KIS.

Menurut Fachmi, dalam penyelenggaraan program ini, masih ada beberapa kendala yang kami temui, salah satunya adalah masih belum optimalnya kesadaran masyarakat untuk rutin membayar iuran.

“Mayoritas masyarakat membayar iuran ketika mereka sakit dan berhenti membayar ketika mereka sudah sehat. Oleh karena itu, mahasiswa dan akademisi di lingkungan perguruan tinggi sebagai agent of change diharapkan dapat ikut serta mendorong masyarakat di sekitarnya untuk membangun pola pikir gotong royong melalui upaya berbagi informasi dan sosialisasi bersama terkait Program JKN-KIS,” kata Fachmi seperti dalamrilisnya yang diterima WARTABUGAR (11/9/2020).

Selain kerja sama dalam optimalisasi penyelenggaraan Program JKN-KIS, lingkup kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan UIN Syarif Hidayatullah ini juga mencakup kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta penyelenggaraan seminar, workshop, focus group discussion dan pertemuan professional lainnya.

Sementara itu, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Amany Burhanuddin Umar Lubis mengatakan bahwa sebagai lembaga yang diberi mandat oleh pemerintah untuk mengelola jaminan kesehatan secara nasional, Program JKN-KIS adalah perwujudan dari konsep kepedulian terhadap sesama.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen mendorong mahasiswa dan akademisi untuk turut berkontribusi memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga keberlangsungan Program JKN-KIS.

“Harapan saya, semoga BPJS Kesehatan dapat terus memberikan perlindungan jaminan kesehatan dan menyempurnakan layanannya kepada masyarakat,” ujarnya.(AKL)