Read Time:2 Minute, 29 Second
Proses produksi di AQUA (Dok: Aqua)

WARTABUGAR – AQUA berkomitmen menjaga kemurnian dan kandungan mineral airnya terlindungi sejak diambil dari sumber air pegunungan, dikemas, dan didistribusikan ke rumah-rumah keluarga Indonesia.

Jaminan tersebut disampaikan pada sebuah perjalanan virtual ke salah satu pabrik AQUA di Ciherang, Jawa Barat, yang disiarkan langsung di YouTube SehatAQUA, Selasa (18/8/2020).

Perjalanan virtual tersebut dimulai dengan mengunjungi sumber air AQUA yang berada di Ciherang. Untuk menjaga sumber airnya AQUA telah 2,5 juta pohon di sekitar sumber air AQUA dan turut melestarikan 1.500 spesies flora dan fauna.

Kealamian ekosistem sumber air tersebut terlindungi mengalir ke Rumah Sumber Air yang hanya bisa diakses oleh karyawan tertentu.

Pada tahap selanjutnya, diperlihatkan pula proses seleksi dan pembersihan galon AQUA yang kembali ke pabrik setelah digunakan konsumen. Galon-galon tersebut dibersihkan dari kontaminan dengan standar quality control yang ketat sebelum masuk ke proses pengisian.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Warta Bugar, AQUA Water Resources, Nature & Process Technology Director Azwar Satrya Muhammad, mengatakan bahwa seluruh produk AQUA secara rutin diuji melalui 400 parameter kualitas untuk menjamin pemenuhan standar keamanan pangan yang telah ditetapkan oleh BPOM.

“Rangkaian proses yang disaksikan selama perjalanan virtual ini telah mengacu pada Standar Kualitas Internasional ISO 9001. Selain itu, fasilitas produksi kami telah tersertifikasi sistem jaminan keamanan pangan internasional Food Safety System Certification (FSSC) 22000,”ujar Azwar .

Dari proses pembersihan, kemasan galon yang sudah masuk ke area pengisian di mana air dengan kandungan mineral yang masih terlindungi akan mengisi kemasan.

Setelah pengisian, kemasan galon akan ditutup rapat dengan tutup khusus yang telah dipatenkan oleh AQUA, melindungi air dari pabrik hingga ke tangan konsumen.

Kemasan galon AQUA juga dilengkapi double coding pada bagian tutup dan badan galon, serta tutup berteknologi double injection yang telah dipatenkan untuk mencegah pemalsuan produk. Seluruh tahapan ini dilaksanakan tanpa tersentuh tangan manusia guna menjamin kualitas produk tetap terjaga.

Dalam kesempatan yang sama, Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor Eko Hari Purnomo mengutarakan bahwa teknologi yang digunakan oleh produsen saat ini, termasuk AQUA, merupakan hasil inovasi selama bertahun-tahun dengan satu tujuan yang sama.

Yakni memastikan agar produk yang sampai ke tangan konsumen aman dan bermutu.

“Inovasi pun telah membuat kemasan seperti galon guna ulang ini aman digunakan berkali-kali dan ramah lingkungan karena tidak menambah jumlah sampah,” jelas Eko.

Selain proses pengemasan galon guna ulang, dalam perjalanan virtual ini dijelaskan pula protokol keamanan dan kesehatan (health screening) baru yang wajib ditaati oleh seluruh pekerja di pabrik untuk menjamin keamanan dan kesehatan mereka saat bekerja.

Perlindungan menyeluruh yang dilakukan oleh AQUA dari hulu hingga ke hilir ini dipandang positif oleh Shahnaz Soehartono yang juga menjadi moderator dalam perjalanan virtual ini.

Ibu dari satu anak ini juga pernah merasakan kekhawatiran soal keamanan produk konsumsi di tengah pandemi, tetapi setelah mendapatkan informasi yang benar, kekhawatiran itu dapat ditepis. 

”Saya berharap informasi ini dapat tersebar luas, hingga para konsumen khususnya para ibu seperti saya, dapat menjadi lebih bijaksana dalam memilih produk air mineral untuk dikonsumsi keluarga,” kata Sahnaz. (SGH)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
aktivitas di IKAN Previous post IKAN Targetkan Nilai Kontrak Ekspor Ikan Naik
Next post Melalui Kampanye Portraits of Purpose DBS Berbagi Cerita