Read Time:1 Minute, 47 Second
Bukalapak
Bukalapak Luncurkan BukaGlobal

WARTABUGAR – Pandemi yang berdampak cukup signifikan terhadap sektor UMKM mendesak para UMKM tanah air untuk terus beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pasar.

Salah satunya, dengan bergabung dan memaksimalkan penjualan lewat platform dagang-el yang selama masa pandemi menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan.

Mengutip Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pada salah satu keterangan resminya, saat ini baru 13 persen atau 8 juta pelaku UMKM yang terhubung secara online, sehingga diperlukan pendampingan, pelatihan digital marketing, serta kerja sama dengan sektor usaha besar.

Situasi ini terus memacu Bukalapak untuk mengajak semakin banyak lagi pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan keberadaan marketplace untuk memperluas jangkauan bisnis dan mendapatkan sokongan pendapatan, salah satunya melalui program terkini, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan pada Mei 2020 lalu.

Dalamr rilisnya, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, melalui video #BerjuangBareng yang diluncurkan secara khusus oleh Bukalapak dalam rangka HUT Indonesia yang ke-75, mengatakan, meskipun tahun ini bangsa Indonesia harus merayakan kemerdekaan dengan cara yang tidak seperti biasanya.

“Bukalapak tetap mengibarkan tekad bahwa kita akan tetap merdeka dari rasa pesimis. Dengan keberadaan 90 juta pengguna, 6 juta Pelapak dan 5 juta Mitra Bukalapak dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia mari kita bersama membangun ekonomi negeri ke arah yang lebih baik,” kata Rachmat.

Seperti misi Bukalapak untuk menciptakan “Fair Economy For All” atau keadilan ekonomi untuk semua, Bukalapak mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dan keberadaan marketplace untuk membuat peluang yang lebih baik dan mendukung ketahanan ekonomi di tengah pandemi.

Lebih lanjut, Rachmat menambahkan partisipasi masyarakat pada gerakan Bangga Buatan Indonesia dapat menjadi upaya gotong royong yang berdampak pada keberlangsungan UMKM nasional.

“Kualitas produk semakin baik, preferensi selera lokal yang semakin meluas, dan beragamnya inovasi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjadi kesempatan bagi para produsen lokal untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” sambung Rachmat.

Saat ini, Bukalapak menerima antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk program Bangga Buatan Indonesia dengan terus bertambahnya pelaku UMKM yang bergabung dan jumlah barang yang dipasarkan pada setiap harinya.

Selain itu, Pengguna juga dapat menikmati berbagai penawaran menarik khusus transaksi produk lokal mulai dari bahan makanan, barang-barang fashion, produk rumah tangga, hingga perlengkapan bersepeda, berupa diskon dan gratis ongkir. (SAH)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Halodoc dapat pendanaan baru Previous post Sambut HUT RI Ke-75, HaloDoc Beri Konsultasi Gratis
aktivitas di IKAN Next post IKAN Targetkan Nilai Kontrak Ekspor Ikan Naik