Penandatanganan kerjasama Koinworks-Pemprov DKI Jakarta (Dok: Koinworks)

WARTABUGAR – Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan pada sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Setidaknya, menurut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, hampir 50% UMKM di Indonesia terancam gulung tikar akibat pandemi ini.

Sebagai upaya untuk membantu menjawab persoalan tersebut dan perwujudan komitmen terkait pembukaan akses pembiayaan produktif, PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara KoinWorks dan Pemprov DKI Jakarta di Gedung Balai Kota Jakarta Pusat dihadiri pula oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sebagaimana dalam keterangan tertulis (13/8/2020), KoinWorks menjadi salah satu lembaga fintech yang digandeng untuk menyalurkan pinjaman modal bagi lebih dari 13.000 UKM di Provinsi DKI Jakarta.

Benedicto Haryono selaku CEO & Co-Founder KoinWorks mengangaku bangga menjadi satu dari dua pelaku fintech awal untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui program Kolaborasi Sosial Berskala Besar.

Ini menjadi salah satu bentuk perwujudan dari komitmen KoinWorks dalam mendampingi UKM Indonesia untuk bertransformasi menjadi UKM Digital guna menjawab perubahan perilaku masyarakat akibat pandemi melalui penyediaan alternatif pembiayaan.

“Kerjasama ini juga sekali lagi menunjukan kepercayaan dari berbagai pihak termasuk pemerintah Ibu Kota kepada KoinWorks sebagai lembaga yang akuntabel untuk berkontribusi pada program stimulasi pertumbuhan ekonomi lewat dukungan terhadap UKM dan sektor produktif khususnya di wilayah Ibu kota,” kata Benedicto.

Dalam kerjasama ini, KoinWorks bertindak sebagai platform akuntabilitas dan penyalur pinjaman yang mempertemukan kolaborator dengan para pelaku UKM penerima pinjaman modal usaha yang berada dalam naungan binaan Dinas Pemprov DKI Jakarta.

Kolaborator itu berupa orang, kelompok, badan hukum dan/atau badan usaha yang menyalurkan pembiayaan produktif melalui program KSBB ini.

Seluruh ketentuan penyaluran pembiayaan yang dilakukan melalui KoinWorks untuk program KSBB ini telah disesuaikan dengan ketentuan dari pihak Pemprov DKI Jakarta dan sistem penyaluran pinjaman yang sudah KoinWorks terapkan sebelumnya.

Lewat kerjasama ini, Benedicto berharap dapat memberikan kontribusi lebih dalam membangkitkan kembali perekonomian Indonesia melalui para pelaku UKM dan menjadikan inklusi finansial di Indonesia semakin luas.

“Selain itu, lewat pemanfaatan teknologi finansial diharapkan penyaluran pembiayaan UKM dapat lebih cepat, efisien dan tepat sasaran.” tutup Benedicto.

Previous post LINE Perkenalkan Fitur Berita Baru
Next post Ini Yang Dilakukan Trimegah Menghadapi COVID-19