Menlu Retno Marsudi bilang bahwa Kimia Farma masuk ke Kolombia
Ekspor produk farmasi Kimia Farma (Foto: Istimewa)

WARTABUGAR – Industri farmasi Indonesia selama ini hanya memfokuskan pada pasar Asia dan Afrika. Namun sebentar lagi, pasar Amerika terutama Amerika Selatan atau Latin pun akan dilirik.

Adalah Kolombia yang diincar salah satu perusahaan farmasi Indonesia, PT Kimia Farma. Itu terungkap dalam pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi dengan Menlu Kolombia, Claudia Blum de Barberi.


“Dua hari lalu saya secara virtual telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Kolombia. Pertemuan ini bertepatan dengan perayaan 40 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kolombia,” ujar Retno saat press briefing seperti dilansir cnbc Indonesia (7/8/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Retno menekankan empat hal utama guna memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Kolombia. Salah satu yang disinggung dalam pertemuan empat mata itu adalah penguatan kemitraan ekonomi kedua negara.

Berbagai upaya akan dilakukan kedua negara guna meningkatkan hubungan ekonomi baik perdagangan, investasi dan pariwisata. Menurut Retno, Indonesia dan Kolombia juga telah memulai feasibility study terkait Preferential Trade Agreement (PTA) antara kedua negara.

Selain itu, interaksi antara pebisnis kedua negara juga akan diperkuat, salah satunya melalui pendirian Indonesia-Latin America Chamber of Commerce.

“Sebagai catatan, tahun lalu, Kimia Farma dan Inver3 SAS telah tandatangani kesepakatan untuk memasarkan produk farmasi Indonesia di Kolombia dan negara-negara Aliansi Pasifik,” tutur Retno.


nasabah bertransaksi di salah satu gerai ATM CENTER Previous post Kini Waktunya Bank Asing Akuisisi Bank Lokal
Next post Tenang, Pasien Kanker Terkena COVID-19 Boleh Dikemoterapi. Ini Buktinya