14 Agustus 2020

Warta Bugar

Informasi Segar dan Sehat Sekitar Kita

Sinar Mas Land Gelar Festival Pendidikan Daring

Festival Pendidikan Sinar Mas Land ke-6 mengusung tema Semangat, Indonesia Merdeka Belajar.Berlangsung secara daring.
Muhammad Nur Riza
Muhammad Nur Riza

WARTABUGAR – Festival Pendidikan Sinar Mas Land ke-6 telah berakhir pada Kamis (30/7/2020). Acara yang berlangsung sejak Mei lalu mengusung tema Semangat, Indonesia Merdeka Belajar.

Hal tersebut diangkat karena sistem pembelajaran sekarang berubah menjadi jarak jauh dari sebelumnya tatap muka secara langsung. Ini dilakukan sebagai adaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19. Karenanya, Festival Pendidikan Sinar Mas Land ke-6 menjalankan berbagai kegiatan edukasi secara online (daring) dan webinar selama dua bulan tersebut.

Sejumlah kepala daerah setempat turut memberikan sambutan pada puncak Festival Pendidikan Sinar Mas Land ke-6 itu. Salah satunya ialah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Dalam keterangan tertulisnya, Ahmed optimistis kegiatan tersebut bermanfaat bagi dunia pendidikan dan berharap dapat diselenggarakan kembali di tahun-tahun berikutnya.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany juga menyampaikan apresiasinya kepada Sinar Mas Land. “Mudah-mudahan festival pendidikan tahun ini menambah semangat bagi anak-anak kita dalam meningkatkan keilmuan dan pengetahuan,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Dr H Muhammad Yusuf yang hadir mewakili Gubernur Banten turut mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada CSR Sinar Mas Land yang menyelenggarakan festival pendidikan dalam rangka Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Banten.

“Mudah-mudahan kegiatan tersebut bermanfaat bagi siswa dan di masa mendatang CSR Sinar Mas Land menyelenggarakan kembali kegiatan tersebut,” ulasnya. Selain itu, hadir pula para kepala dinas pendidikan serta kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Founder GSM Muhammad Nur Rizal, M.Eng., Ph.D. membawakan pemaparan dengan tema Tatanan baru pendidikan Indonesia. Selain itu, acara dimeriahkan oleh Choir Sinar Mas Land yang membawakan lagu Indonesia Pusaka serta penayangan video-video pemenang lomba literasi, vlog, dan STEAM. 

Sebagai dorongan penyemangat, Sinar Mas Land memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan CSR Sinar Mas Land BSD City dan guru atas dedikasi mereka selama masa pandemi dengan mengupayakan inovasi-inovasi sehingga pendidikan dapat tersampaikan dengan baik. 

Rangkaian kegiatan dalam festival pendidikan yang menjadi bentuk tanggung jawab sosial perusahaan itu sejatinya merupakan wujud apresiasi terhadap Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap 2 Mei.

Konten-konten edukasinya sangat beragam, seperti karya literasi dengan membuat esai populer, pembuatan vlog sebagai kegiatan berbasis teknologi informasi, desain pembelajaran STEAM, serta seminar dan workshop Blended Learning bagi seluruh pemangku kepentingan di ranah pendidikan.

Sejumlah praktisi dan penggiat pendidikan memberikan edukasi secara online dengan berbagai materi pendidikan, seperti Agatha Pertiwi sebagai penerjemah dan editor, Kevin Sucianto sebagai copywriter, dan Dra Jetty Maynur MPd selaku kepala sekolah dan penggiat madrasah.

Deputy Group CEO Sinar Mas Land, Monik William, menyatakan penyelenggaraan festival pendidikan di masa pandemi yang berdampak cukup signifikan pada dunia usaha.

“Segala upaya yang kami lakukan ini, tidak lain dan tidak bukan sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada dunia pendidikan Indonesia,  terutama terhadap terciptanya kehidupan masyarakat yang cerdas, berbudaya, dan beradab,” pungkas Monik. (akl)