Read Time:1 Minute, 14 Second
Salah satu kantor SIemens (Foto: istimewa)

ARIESKELANACOM – Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) mengesahkan dua tes serologi COVID-19 pertama yang menampilkan perkiraan jumlah antibodi yang terdapat dalam darah individu.

Kedua tes buatan Siemens itu adalah ADVIA Centaur COV2G dan Attelica COV2G, merupakan tes “semi-kuantitatif”. Artinya alat itu memang tidak menampilkan pengukuran yang tepat, tetapi memperkirakan jumlah antibodi pasien yang dihasilkan terhadap infeksi dengan virus yang menyebabkan COVID-19.

“Mampu mengukur tingkat relatif antibodi pasien dalam menanggapi infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya mungkin berguna karena kami terus belajar lebih banyak tentang virus dan apa arti antibodi,” kata Tim Stenzel, MD, Ph.D., direktur Kantor Diagnosis In Vitro dan Kesehatan Radiologis FDA dalam rilisnya (31/7/2020).

Menurut Stenzel, masih banyak yang tidak diketahui tentang apa yang bisa dikatakan oleh keberadaan antibodi SARS-CoV-2 tentang potensi imunitas. Alat ini bisa menjadi alat tes tambahan untuk mengevaluasi antibodi tersebut.

“Pasien tidak boleh menafsirkan hasil sebagai mengatakan kepada mereka bahwa mereka kebal, atau memiliki tingkat kekebalan, dari virus,” katanya.

Namun, FDA memperingatkan pasien agar tidak menggunakan hasil dari tes ini, atau tes serologi apa pun, sebagai indikasi bahwa mereka dapat berhenti mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain, seperti menghentikan jarak sosial, menghentikan penggunaan topeng atau kembali bekerja .

FDA juga ingin mengingatkan pasien bahwa tes serologi tidak boleh digunakan untuk mendiagnosis infeksi aktif, karena mereka hanya mendeteksi antibodi yang dikembangkan sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap virus – bukan virus itu sendiri.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
crop payroll clerk counting money while sitting at table Previous post Belum Banyak Orang Yang Tahu Investasi
Muhammad Nur Riza Next post Sinar Mas Land Gelar Festival Pendidikan Daring