12 July 2024

Meski Jumlah Kasus COVID-19 Bertambah, Apotek dan Toko Kebutuhan Pokok Harus Tetap Buka

Read Time:1 Minute, 13 Second

Bekasi, Warta Bugar – Setelah beberapa wilayah atau daerah menetapkanlockdown secara sepihak, banyak permintaan kepada apotek dan toko kebutuhan pokok untuk ditutup. Pasalnya, tempat-tempat seperti menjadi tempat berkerumunnya orang yang berpotensi terjadi penularan COVID-19.

Padahal toko-toko dan apotek tersebut memegang peranan penting terhadap kebutuhan pokok masyarakat. Apotek akan menyediakan beberapa vitamin dan obat-obat yang pada saat ini sangat diperlukan untuk menghadapi wabah COVID-19.

Maka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar apotek dan toko-toko penjual kebutuhan pokok tetap buka. “Saya juga minta dan pastikan bahwa apotek dan toko-toko penyuplai kebutuhan pokok bisa tetap buka untuk melayani kebutuhan warga dengan tetap menerapkan protokol jaga jarak yang ketat,” kata Jokowi.

Aturan-aturan semcam itu juga diberlakukan di sejumlah negara. Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan bahwa Italia akan menutup semua toko kecuali apotek dan toko makanan.

Langkah ini diambil untuk menekan penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas.

“Semua toko akan ditutup kecuali untuk kebutuhan dasar, seperti apotek dan toko makanan,” kata Conte dalam pidato televisi nasional.

Meski dibuka, rupanya persediaan obat, masker, hand sanitizer dan vitamin mineral. Salah satu petugas apotek di bilangan Bekasi, mengatakan kepada konsumen. “Stoknya sudah habis,” katanya.

Selain itu para petugasnya juga kawatir, sehingga melakukan beberapa langkah pencegahan. Misalnya, konsumen hanya bisa memesan obat lewat loket kaca yang tersedia.

Selain itu, mereka mengunakan masker dan mencuci tangan sebelummelayani pembeli. Pembeli tidak diperkenakan menggunakan telapak tangan untuk membuka pintu, melainkan dengan dagu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Suasana hotel terdampak COVID-19 Previous post Jasa F & B Paling Terdampak Wabah COVID-19. Kenapa?
Next post Ikut Atasi COVID-19, BSD Sumbang APD ke Sejumlah RS di Indonesia