20 July 2024

Good Doctor-Dinkes DKI Bentuk Team-9 Untuk Cegah COVID-19

Read Time:1 Minute, 40 Second

Bekasi, Warta Bugar – Good Doctor terus meningkatkan upaya preventif COVID-19 dengan membentuk Team-9, unit kerja khusus yang akan bekerja bersama Dinas Kesehatan (Dinas Kesehatan) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penanganan isu COVID-19.

Melalui kemitraan ini, Good Doctor melalui layanan tanya jawab dengan dokter secara online di aplikasi Grab (GrabHealth) akan membantu call center Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menanggapi permintaan tanya jawab masyarakat yang masuk mengenai COVID-19.

Dokter gigi Ani Rusitawati, MM, selaku Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatakan, Dinas Kesehatan mengajak instansi nonpemerintah untuk bekerja sama dalam gerakan tanggap Corona.

“Kami menyambut baik Good Doctor sebagai mitra yang proaktif mengikuti pelatihan khusus serta menyebarkan informasi yang bersumber dari Dinkes untuk lebih mengedukasi semua pengguna di platformnya,” ucap Ani dalam rilisnya (18/3/2020).

Ani menambahkan bahwa kerja sama ini adalah bagian dari pelaksanaan fungsi dan kanal komunikasi untuk menjaga satu narasi pemerintah dalam penanganan COVID-19 sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat secara umum.

Saat ini Dinkes DKI Jakarta menggandeng beberapa instansi nonpemerintah untuk turut andil dalam gerakan tanggap Corona, termasuk di antaranya adalah Good Doctor melalui Team-9.

Dinkes DKI Jakarta memberikan pelatihan khusus mengenai tata laksana checklist klasifikasi ODP dan PDP kepada para mitra dalam batasan penilaian risiko.

Ini langkah penting untuk menjaga satu narasi dari pemerintah pusat sekaligus membantu penyebaran informasi edukasi COVID-19 yang akurat bagi masyarakat dan pengguna platform GrabHealth powered by Good Doctor.

Hingga kemarin (17/3), Good Doctor mencatat adanya lonjakan sebesar 26x lipat pada sesi tanya jawab online antara pengguna dengan tim Good Doctor, yang didominasi oleh pertanyaan seputar gejala COVID-19 serta klarifikasi berbagai informasi seputar topik tersebut dari ranah online secara umum.

Pertumbuhan ini diamati sejak diumumkannya kasus positif di Indonesia pada 2 Maret 2020. dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management of Good Doctor mengatakan, pihaknya merasa terhormat dipercaya menjadi mitra Pemerintah dalam memberikan sesi tanya jawab dan panduan kepada masyarakat demi mematahkan disinformasi atau hoax yang marak beredar. (akl)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
ACT bentuk ACT Corona Crisis Center Previous post Untuk Hadapi COVID-19, ACT Bentuk ACT Corona Crisis Center
Damri tetap layani secara normal Next post Dampak COVID-19, Damri Tetap Beroperasi Normal