20 July 2024

Gawat, 1 dari 5 orang di Bandara Tidak Cuci Tangan Dengan Benar

Read Time:1 Minute, 18 Second

Menurut laporan baru, 70% orang mencuci tangan dengan sabun setelah BAB. Selain itu 1 dari 5 orang di bandara tidak mencuci tangan dengan benar. Perlu sosialisasi lagi.

Bekasi, Warta Bugar – Untuk mencegah infeksi virus, dokter selalu menyarankan untuk menjaga kebersihan tangan. Dianjurkan setiap kali memegang sesuatu yang kotor mencuci tangan dan menggunakan sabun atau antiseptik. Begitu pula ketika mau mengonsumsi makanan ringan atau berat. Tujuannya, agar kuman – virus atau bakteri – mati pada saat tangan dicuci.

Namun, meski semua orang tau soal itu, banyak orang yang tidak menyadarinya atau memedulikan. Padahal penyakit datang dari tangan yang tidak bersih. Juga kuman penyakit ada dimana-mana, datang menyerang pada saat sistem kekebalan tubuh lemah.

Menurut laporan terbaru, hanya 1 dan 5 orang yang pergi ke toilet bandara mencuci tangan dengan sabun atau mengelap tangannya dengan tisu pembersih. Apalagi beberapa toilet tidak menggunakan tisu atau air pembersih untuk keperluan buang air besar (BAB).

Penelitian baru dari Massachusetts Institute of Technology di Cambridge, Inggris mengungkapkan hal itu dalam Jurnal Risk Analysis terbaru.

“Kami menganggap bahwa, paling banyak, 1 dari 5 orang di bandara telah membersihkan tangan mereka pada waktu tertentu (mis., 20% populasi bandara),” tulis Prof. Christos Nicolaides, ketua tim peneliti. “70% dari […] orang yang pergi ke toilet mencuci tangan sesudahnya.”

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa cara terbaik untuk mencuci tangan adalah tidak hanya membilas tangan dengan air, tetapi juga menggunakan sabun dan menggosok telapak tangan, punggung tangan, antara jari, dan di bawah kuku.

Seseorang harus menggosok setidaknya 20 detik sebelum membilas sabun dan mengeringkan tangan dengan handuk bersih. (akl)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Penasehat Ekonomi PM Jepang Usulkan Harga Obat Turun Previous post Penjualan Obat Generik Bermerk Meningkat Tajam
DBS Hong Kong Akan Luncurkan DBS Accelerator Next post Bank DBS Indonesia Masuk Jajaran Pemberi Layanan Treasury Terbaik